Using the Dictoglos as a Strategy for Teaching Listening in Narrative Text for Senior High School Student.

Sari, Eni puspita (2011) Using the Dictoglos as a Strategy for Teaching Listening in Narrative Text for Senior High School Student. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_ENI_PUSPITA_SARI_64054_1295_2011.pdf] Text
B1_ENI_PUSPITA_SARI_64054_1295_2011.pdf

Download (882kB)

Abstract

Kemampuan berbahasa meliputi 4 hal, yaitu: Listening, Speaking,Reading, and Writing. Dalam pengajaran bahasa Inggris, Listening ataumenyimak merupakan kemampuan berbahasa yang paling dasar diantara tigakemampuan lainnya. Namun dalam proses pembelajarannya, khususnya di tingkatSMA, pengajaran menyimak kurang mendapat perhatian. Sehingga siswa kurangdalam kemampuan menyimak. Hal ini dikarenakan oleh beberapa hal, diantaranyaguru menggunakan strategi yang kurang tepat dalam pengajaran menyimak danbeberapa sekolah di Indonesia tidak memilki fasilitas seperti Labor Bahasa untukmenunjang kegiatan menyimak ini.Oleh sebab itu makalah ini membahas tentang salah satu strategipengajaran menyimak yang dapat membantu meningkatkan kemampuanmenyimak siswa khususnya dalam pemahaman teks narrative denganmenggunakan strategi Dictogloss. Dictoglos merupakan strategi pembelajaranmenyimak yang menuntut siswa dan guru untuk berperan secara aktif saat prosespembelajaran berlangsung. Guru harus memilki persiapan yang baik sebelummembacakan teks di depan kelas secara aktif dengan menggunakan intonasi,pelafalan dan gerak tubuh yang tepat. Selain itu siswa aktif mendengarkan tekssebanyak tiga kali dan melakukan jot down key words dan phrase, setelah itusiswa diminta bekerja sama untuk menulis kembali teks yang di dengarnyaberdasarkan daftar phrase atau key words yang mereka lakukan sebelumnyaberdasarkan pemahaman mereka pada saat mendengar. Strategi ini dapatmembantu siswa untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyimak karenasiswa berulang kali diminta untuk konsentrasi mendengarkan. Pertama, saat gurumembacakan teks asli pertama kali siswa diminta hanya mendengarkan danmenyimak tanpa melakukan kegiatan apa pun. Kedua, saat guru membacakan teksuntuk kedua kalinya siswa diminta untuk kembali menyimak dan melakukan jotdown key words dan phrase. Terakhir, saat kelompok lain membacakan hasildiskusi berdasarkan cerita yang telah di tulis ulang menurut pemahaman siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: TEACHING LISTENING, NARRATIVE TEXT
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 26 May 2025 03:48
Last Modified: 26 May 2025 03:48
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12273

Actions (login required)

View Item
View Item