Pengaruh Model Pembelajaran Tutor Sebaya terhadap Hasil Belajar Teknik Listrik pada Siswa SMK Negeri 1 Padang

Pertiwi, Lara Intan (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Tutor Sebaya terhadap Hasil Belajar Teknik Listrik pada Siswa SMK Negeri 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_LARA_INTAN_PRATIWI_1306237_3290_2017.pdf] Text
B1_05_LARA_INTAN_PRATIWI_1306237_3290_2017.pdf

Download (7MB)

Abstract

Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknik Listrik yaitu di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan SMK Negeri 1 Padang yaitu 80. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Tutor Sebaya terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknik Listrik siswa Kelas X Teknik Audio Video di SMK Negeri 1 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasy experiment dengan rancangan posttest only control group design. Sampel penelitian yaitu kelas X AV-A sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Tutor Sebaya dan kelas X AV-C sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Kooperatif. Teknik pengumpulan data dari post-test yang diadakan tiap pertemuan yaitu sebanyak 4 kali pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, kemudian dianalisis untuk uji homogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian kelas eksperimen didapatkan nilai rata-rata 82,61, sedangkan kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 72,77. Hasil perhitungan hipotesis pada taraf signifikan α=0,05 didapatkan t yaitu 4,66 > 1,671, karena t hitung besar dari t tabel , maka hipotesis nihil (H ) ditolak dan hipotesis alternatif (H ) diterima. Dapat disimpulkan berarti pada taraf nyata, penelitian ini memperlihatkan bahwa, penerapan model pembelajaran tutor sebaya berpengaruh signifikan sebesar 13,52% terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknik listrik kelas X TAV SMK Negeri 1 Padang. Maka model pembelajaran Tutor Sebaya lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran Kooperatif. a hitung 0 > t tabel

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tutor Sebaya, Pembelajaran Kooperatif, Posttest Only Control Group Design, Hasil Belajar, Ekperimen, Kontrol.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1
Depositing User: KEISHA KEISHA
Date Deposited: 26 May 2025 03:26
Last Modified: 26 May 2025 10:05
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12224

Actions (login required)

View Item
View Item