Pertiwi, Lara Intan (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Tutor Sebaya terhadap Hasil Belajar Teknik Listrik pada Siswa SMK Negeri 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_LARA_INTAN_PRATIWI_1306237_3290_2017.pdf [thumbnail of B1_05_LARA_INTAN_PRATIWI_1306237_3290_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_LARA_INTAN_PRATIWI_1306237_3290_2017.pdf
Download (7MB)
Abstract
Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknik Listrik yaitu di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan SMK Negeri 1 Padang yaitu 80. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Tutor Sebaya terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknik Listrik siswa Kelas X Teknik Audio Video di SMK Negeri 1 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasy experiment dengan rancangan posttest only control group design. Sampel penelitian yaitu kelas X AV-A sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Tutor Sebaya dan kelas X AV-C sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Kooperatif. Teknik pengumpulan data dari post-test yang diadakan tiap pertemuan yaitu sebanyak 4 kali pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, kemudian dianalisis untuk uji homogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian kelas eksperimen didapatkan nilai rata-rata 82,61, sedangkan kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 72,77. Hasil perhitungan hipotesis pada taraf signifikan α=0,05 didapatkan t yaitu 4,66 > 1,671, karena t hitung besar dari t tabel , maka hipotesis nihil (H ) ditolak dan hipotesis alternatif (H ) diterima. Dapat disimpulkan berarti pada taraf nyata, penelitian ini memperlihatkan bahwa, penerapan model pembelajaran tutor sebaya berpengaruh signifikan sebesar 13,52% terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknik listrik kelas X TAV SMK Negeri 1 Padang. Maka model pembelajaran Tutor Sebaya lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran Kooperatif. a hitung 0 > t tabel
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tutor Sebaya, Pembelajaran Kooperatif, Posttest Only Control Group Design, Hasil Belajar, Ekperimen, Kontrol. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
Depositing User: | KEISHA KEISHA |
Date Deposited: | 26 May 2025 03:26 |
Last Modified: | 26 May 2025 10:05 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12224 |