Firdaus, Diamesa Indah (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Berbantuan Modul terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SDN 02 Piobang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_DIAMESA_INDAH_FIRDAUS_14004036_3191_2019.pdf [thumbnail of B1_03_DIAMESA_INDAH_FIRDAUS_14004036_3191_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_DIAMESA_INDAH_FIRDAUS_14004036_3191_2019.pdf
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di SDN 02 Piobang. Hal ini dikarenakan guru yang menggunakan metode ceramah, sehingga proses pembelajaran belum optimal. Untuk mengatasi masalah ini dilakukan dengan menerapkan model koooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan modul. Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan dengan model koooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan modul terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika Kelas V SDN 02 Piobang. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian quasi eksperimen dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada kelas Va sebagai kelas eksperimen dan penerapan model konvensional di kelas Vb sebagai kelas kontrol. Populasi penelitian adalah siswa kelas V SDN 02 Piobang dan teknik pengambilan sampelnya purposive sampling, yaitu kelas Va dan Vb masing masing berjumlah 17 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berbentuk objektif sebanyak 25 butir soal dan data diolah dengan uji perbedaan (t test). Berdasarkan penelitian yang dilakukan, maka diperoleh nilai rata-rata 78,58 pada kelas Va yang menggunakan model koooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan modul, sedangkan untuk kelas Vb diperoleh nilai rata-rata 68,94 yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Pada pengujian hipotesis diperoleh thitung sebesar 2,406 dan ttabel sebesar 2,042 pada taraf nyata α = 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Matematika kelas V SDN 02 Piobang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Team assisted individualization (TAI), Hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | AKILMI AKILMI |
Date Deposited: | 26 May 2025 03:25 |
Last Modified: | 26 May 2025 10:04 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12221 |