Pratama, Kurnia Heru (2017) Pengaruh Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Saintifik dalam Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Kompetensi Fisika Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 13 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_KURNIA_HERU_PRATAMA_1305712_806_2017.pdf [thumbnail of B1_05_KURNIA_HERU_PRATAMA_1305712_806_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_KURNIA_HERU_PRATAMA_1305712_806_2017.pdf
Download (5MB)
Abstract
Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya kompetensi peserta didik adalah kurang menariknya proses pembelajaran bagi peserta didik. Penggunaan media pembelajaran yang masih jarang seperti LKPD membuat peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lembar kerja peserta didik berbasis pendekatan saintifik dalam model pembelajaran inquiry terhadap kompetensi peserta didik kelas X SMA Negeri 13 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan rancangan randomized control group only design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 13 Padang tahun ajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Data penelitian adalah hasil belajar peserta didik pada kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Instrumen penelitian lembar observasi untuk mengukur kompetensi sikap, tes akhir untuk mengukur kompetensi pengetahuan, dan lembar penilaian unjuk kerja untuk mengukur kompetensi keterampilan. Data penelitian dianalisis dengan uji kesamaan dua rata-rata. Uji kesamaan dua rata-rata dilakukan untuk nilai hasil belajar masing-masing kompetensi pengetahuan dan keterampilan, sedangkan untuk kompetensi sikap menggunakan deskripsi data hasil dari setiap pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar fisika pada kedua kelas sampel 83,33 dan 80,00 untuk kompetensi pengetahuan dan 85,90 dan 81,61 untuk kompetensi keterampilan. Dari uji t, diperoleh t hitung >t tabel sehingga hipotesis alternatif diterima untuk kompetensi pengetahuan, sedangkan untuk kompetensi keterampilan dari uji t’, diperoleh t hitung >t tabel sehingga hipotesis alternatif diterima. Kesimpulan penelitian adalah hipotesis yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang berarti penerapan lembar kerja peserta didik berbasis pendekatan saintifik dalam model pembelajaran inquiry terhadap kompetensi fisika peserta didik kelas X SMA Negeri 13 Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik, Pendekatan Saintifik, Model pembelajaran inquiry, Fisika, SMA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | KEISHA KEISHA |
Date Deposited: | 26 May 2025 03:24 |
Last Modified: | 26 May 2025 03:24 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12214 |