Persepsi Mahasiswa PLK Program Studi Pendidikan Sejarah FIS UNP Periode Juli-Desember 2014 terhadap Bimbingan Guru Pamong

Itrianis, Itrianis (2015) Persepsi Mahasiswa PLK Program Studi Pendidikan Sejarah FIS UNP Periode Juli-Desember 2014 terhadap Bimbingan Guru Pamong. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_ITRIANIS_16162_1547_2015.pdf] Text
B1_2_ITRIANIS_16162_1547_2015.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keluhan dari mahasiswa PLK
yang merasa kurang puas terhadap bimbingan yang diberikan oleh guru
pamong. Guru pamong seharusnya memberikan bimbingan yang baik
kepada mahasiswa PLK, baik itu bimbingan dalam kegiatan teaching
ataupun nonteaching. Namun, pada kenyataannya guru pamong belum
menjalankan tugas, fungsi dan peranannya sesuai dengan tugas-tugas
seorang guru pamong yang tertulis dalam buku pedoman PPLK.
Sehubungan dengan hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui persepsi mahasiswa PLK program studi pendidikan sejarah
FIS UNP periode Juli-Desember 2014 terhadap bimbingan guru pamong.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian evaluasi. Data dikumpulkan dari mahasiswa PLK periode Juli
Desember 2014, melalui teknik wawancara. Kemudian data yang
terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis interaktif, yang
terdiri dari tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan, yaitu reduksi
data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru pamong telah
melaksanakan tugasnya dengan baik. Hal tersebut terlihat dari pandangan
yang diberikan oleh mahasiswa PLK terhadap tujuh indikator tugas guru
pamong. Dari tujuh indikator tugas guru pamong, enam indikator
mendapatkan pandangan yang baik dari mahasiswa PLK. Sedangkan satu
indikatornya lagi mendapatkan pandangan yang kurang baik dari
mahasiswa PLK.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa
persepsi mahasiswa PLK program studi pendidikan sejarah FIS-UNP
periode Juli-Desember 2014 baik terhadap bimbingan guru pamong.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 26 May 2025 03:23
Last Modified: 26 May 2025 03:23
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12205

Actions (login required)

View Item
View Item