Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Picture and Picture untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi Pelajaran Sosiologi Siswa Kelas XI IPS 2 SMAN 1 Pariaman

Jingga, Yulia Laras (2018) Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Picture and Picture untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi Pelajaran Sosiologi Siswa Kelas XI IPS 2 SMAN 1 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_04_YULIA_LARAS_JINGGA_1302215_589_2018.pdf] Text
B1_04_YULIA_LARAS_JINGGA_1302215_589_2018.pdf

Download (4MB)

Abstract

Rendahnya tingkat pemahaman konsep siswa terhadap materi pembelajaran di kelas XI IPS 2 SMAN 1 Pariaman, sehingga dibutuhkan suatu tidakan untuk menciptakan kondisi belajar yang mampu memperbaiki kesulitan siswa dalam memhami materi terutama konsep, salah satu nya dengan penerapan pembelajaran Kooperatif model Picture And Picture . Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan alur penelitian yang digunakan yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdri dari dua kali pertemuan. Sabjek penelitian adalah siswa kelas XI IIS SMAN 1 Pariaman semester Juli – Desember 2017 yang berjumlah 31 orang. Hasil penelitian terhadap pemahaman konsep dalam proses pembelajaran Indikator pertama menjelaskan fenomena berdasarkan konsep yang dipahami berdasarkan pada hasil tes pada siklus I presentase yang diperoleh yaitu 38,70% mengalami peningkatan pada siklus II 94,77%. Pada hasil pengamatan di lembar observasi pada siklus I dengan presentase 17,85% dan meningkat pada siklus II dengan presentase 71,42%. Indikator kedua mencontohkan konsep berdasarkan fenomena yang dipahami berdasarkan pada hasil tes siklus I presentase 12,90% dan meningkat di siklus II dengan presentase 80,64%, hasil pengamatan di lembar observasi siklus I presentase 14,28% dan meningkat siklus II dengan presentase 67,85%. Indikator memilih konsep berdasarkan fenomena yang dipahami berdasarkan pada hasil tes siklus I presentase 32,25% meningkat di siklus II dengan presentase 83,87%, pada hasil pengamatan di lembar observasi siklus I presentase 32,14% meningkat pada siklus II 89,28%. Indikator merumuskan kesimpulan berdasarkan informasi yang didapat berdasarkan pada hasil tes siklus I presentase 3,22% meningkat pada siklus II dengan presentase 83,87%. Pada hasil pengamatan di lembar observasi siklus I presentase 35,71 meningkat pada siklus II dengan presentase 85,71%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Kooperatif model Picture And Picture dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa di Kelas XI IIS 2 SMAN 1 Pariaman.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMAHAMAN KONSEP, PEMBELAJARAN KOOPERATIF, MODEL PICTURE AND PICTURE
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 26 May 2025 03:23
Last Modified: 26 May 2025 03:23
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12201

Actions (login required)

View Item
View Item