Jingga, Yulia Laras (2018) Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Picture and Picture untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi Pelajaran Sosiologi Siswa Kelas XI IPS 2 SMAN 1 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_04_YULIA_LARAS_JINGGA_1302215_589_2018.pdf [thumbnail of B1_04_YULIA_LARAS_JINGGA_1302215_589_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_04_YULIA_LARAS_JINGGA_1302215_589_2018.pdf
Download (4MB)
Abstract
Rendahnya tingkat pemahaman konsep siswa terhadap materi pembelajaran di kelas XI IPS 2 SMAN 1 Pariaman, sehingga dibutuhkan suatu tidakan untuk menciptakan kondisi belajar yang mampu memperbaiki kesulitan siswa dalam memhami materi terutama konsep, salah satu nya dengan penerapan pembelajaran Kooperatif model Picture And Picture . Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan alur penelitian yang digunakan yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdri dari dua kali pertemuan. Sabjek penelitian adalah siswa kelas XI IIS SMAN 1 Pariaman semester Juli – Desember 2017 yang berjumlah 31 orang. Hasil penelitian terhadap pemahaman konsep dalam proses pembelajaran Indikator pertama menjelaskan fenomena berdasarkan konsep yang dipahami berdasarkan pada hasil tes pada siklus I presentase yang diperoleh yaitu 38,70% mengalami peningkatan pada siklus II 94,77%. Pada hasil pengamatan di lembar observasi pada siklus I dengan presentase 17,85% dan meningkat pada siklus II dengan presentase 71,42%. Indikator kedua mencontohkan konsep berdasarkan fenomena yang dipahami berdasarkan pada hasil tes siklus I presentase 12,90% dan meningkat di siklus II dengan presentase 80,64%, hasil pengamatan di lembar observasi siklus I presentase 14,28% dan meningkat siklus II dengan presentase 67,85%. Indikator memilih konsep berdasarkan fenomena yang dipahami berdasarkan pada hasil tes siklus I presentase 32,25% meningkat di siklus II dengan presentase 83,87%, pada hasil pengamatan di lembar observasi siklus I presentase 32,14% meningkat pada siklus II 89,28%. Indikator merumuskan kesimpulan berdasarkan informasi yang didapat berdasarkan pada hasil tes siklus I presentase 3,22% meningkat pada siklus II dengan presentase 83,87%. Pada hasil pengamatan di lembar observasi siklus I presentase 35,71 meningkat pada siklus II dengan presentase 85,71%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Kooperatif model Picture And Picture dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa di Kelas XI IIS 2 SMAN 1 Pariaman.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PEMAHAMAN KONSEP, PEMBELAJARAN KOOPERATIF, MODEL PICTURE AND PICTURE |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 26 May 2025 03:23 |
Last Modified: | 26 May 2025 03:23 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12201 |