Wahyuni, Elvi (2011) Teaching Writing a Hortatory Exposition Text through Project-Based Writing. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_ELVI_WAHYUNI_67470_1698_2011.pdf [thumbnail of B1_ELVI_WAHYUNI_67470_1698_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_ELVI_WAHYUNI_67470_1698_2011.pdf
Download (4MB)
Abstract
Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk memaparkan salah satu teknikpengajaran writing/ menulis hortatory exposition text yaitu project-based writingtechnique. Teks hortatory exposition termasuk ke dalam expository text di manapenulis menyampaikan argumen-argumennya tentang topik yang sedang dibahas.Argumen tersebut diperkuat dengan memberikan bukti-bukti nyata. Pada tekshortatory exposition, penulis mengakhiri tulisannya dengan memberikan saran ataurekomendasi untuk penyelesaian masalah tersebut. Teks horatory exposition inidipelajari oleh siswa SMA kelas II. Siswa diperkenalkan dan diberi informasimengenai teks hortatory exposition dan setelah itu diharapkan mampu menghasilkansebuah teks hortatory exposition yang benar. Namun, kenyataannya masih banyaksiswa yang kesulitan menghasilkan sebuah teks hortatory exposition yang bagus.Mereka terkendala dengan pengembangan ide, organisasi teks dan juga cirikebahasaannya. Kurang tepatnya teknik pengajaran yang digunakan guru matapelajaran bisa menjadi salah satu penyebabnya.Berdasarkan permasalahan di atas, pada makalah ini dibahas salah satuteknik pengajaran menulis teks hortatory exposition yaitu project-based writingtechnique. Dalam penerapan teknik ini, pertama, siswa akan dibagi kedalamkelompok yang beranggotakan maksimal empat orang. Kemudian masing- masingkelompok berdiskusi untuk menemukan topik yang menarik bagi mereka. Setelahmendapatkan sebuah topik, sebagai proyeknya, setiap anggota kelompok bekerjasamamencari informasi-informasi tentang topik yang mereka pilih yang nantinya akanmendukung argumen mereka dalam menulis teks ini. Setelah mendapatkan informasiyang cukup, siswa mulai menulis teks hortatory exposition. Dengan menggunakanteknik ini, siswa akan lebih memahami apa yang mereka buat karena topik yangdiangkat berhubungan langsung dengan kehidupan mereka. Siswa pun akan secaraaktif mencari informasi yang berhubungan dengan dengan topik yang mereka pilih.Dengan meningkatnya motivasi siswa untuk menulis diharapkan tulisan yang merekahasilkan akan lebih baik.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | TEACHING WRITING, EXPOSITION TEXT |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 26 May 2025 03:23 |
Last Modified: | 26 May 2025 03:23 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12200 |