Strategi Pemasaran Surat Kabar Harian Radar Sarko (2006-2013)

Yulia, Iva (2015) Strategi Pemasaran Surat Kabar Harian Radar Sarko (2006-2013). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_IVA_SULIA_55207_2892_2015.pdf] Text
B1_2_IVA_SULIA_55207_2892_2015.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Strategi Pemasaran Surat Kabar Harian
Radar Sarko (2006-2013). Keberhasilan surat kabar ini menarik untuk dikaji lebih
lanjut. Pertama keunikan kasus ini adalah munculnya Radar Sarko sebagai salah
satu media cetak pertama di kabupaten Merangin dalam bentuk surat kabar harian
daerah yang fokus kepada berita lokal di kabupaten saja, hal ini berbeda dengan
suratkabar daerah yang terbit untuk skala provinsi, misalnya : Jambi Independent
dan Jambi Ekspress. Kedua sebagai surat kabar yang tergolong baru, Radar Sarko
berhasil merebut segmen pasar di lima kabupaten dan satu kota. Ketiga penelitian
mengenai surat kabar harian untuk skala kabupaten masih sangat minim, terutama
Radar Sarko belum pernah diteliti sebelumnya.
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalahBagaimanakah
strategi pemasaran Radar Sarko di Kabupaten Merangin sejak tahun 2006 hingga
2013?
Penelitian
ini
termasuk penelitian deskriptif kualitatif dengan
memanfaatkan data-data dari berbagai sumber, baik primer maupun sekunder.
Selain dokumen seperti arsip pemerintah dan arsip lembaga surat kabar harian
Radar Sarko, data ini juga diperkuat dengan data lisan, wawancara dengan
beberapa tokoh pers Kabupaten Merangin, Pimpinan dan karyawan dan beberapa
pembaca yang menjadi pelanggan surat kabar ini. Sumber sekunder yang dipakai
berupa buku-buku, koran, majalah, yang relevan dengan penelitian ini.
Dari penelitian ini peneliti mengambil kesimpulan bahwa latar belakang
munculnya surat kabar daerah seperti Radar Sarko didasari pada tuntutan
masyarakat yang juga memerlukan informasi khusus didaerahnya sendiri. Jika
selama ini media Indonesia cenderung menjadikan daerah sebagai informasi
pusat, dan mengabaikan hak kebebasan pers daerah menggunakan informasinya
sendiri untuk masyarakatnya, maka pada era Reformasi daerah memiliki
kewenangan dalam wujud otonomi daerah untuk mengatur daerahnya sendiri
sehingga membuka peluang bagi pelaku bisnis media cetak untuk memanfaatkan
momentum kebebasan dengan melahirkan pers daerah. Kemudian dapat dilihat
keberhasilan surat kabar harian Radar Sarkosebagai surat kabar harian pertama di
Kabupaten Merangin merupakan buah dari strategi pemasaran yang digunakan
oleh pemimpin redaksi dalam merebut segmen pasar melalui tahapan-tahapan
yang terstruktur mulai dari pemerintahan beserta jajaran SKPD (Satuan Kerja
Perangkat Daerah), masyarakat dari seluruh profesi dan usia, serta kegiatan sosial
yang akhirnya menjadikan pertahanan yang kuat bagi Radar Sarko untuk tetap
menjaga eksistensinya sebagai surat kabar lokal Kabupaten Merangin.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: C Auxiliary Sciences of History > CB History of civilization
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 26 May 2025 03:22
Last Modified: 26 May 2025 03:22
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12198

Actions (login required)

View Item
View Item