Kontribusi Sarana Prasarana dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Penggunaan Alat Ukur Listrik (PAUL) Kelas X Jurusan Teknik Intalasi Tenaga Listrik (TITL) SMK N 1 Batipuh.

Harahap, Putra Ramadhan (2012) Kontribusi Sarana Prasarana dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Penggunaan Alat Ukur Listrik (PAUL) Kelas X Jurusan Teknik Intalasi Tenaga Listrik (TITL) SMK N 1 Batipuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_PUTRA_RAMADHAN_HARAHAP_65448_1322_2012.pdf] Text
B1_4_PUTRA_RAMADHAN_HARAHAP_65448_1322_2012.pdf

Download (8MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata diklat Penggunaan Alat Ukur Listrik (PAUL). Hal ini terlihat dari masih banyaknya siswa yang memperoleh nilai dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 70. Tujuan dari penelitian ini adalah mengungkap seberapa besar kontribusi sarana prasarana terhadap hasil belajar siswa kelas X TITL pada mata diklat PAUL di SMK N 1 Batipuh, mengungkap seberapa besar kontribusi minat belajar terhadap hasil belajar Siswa kelas X TITL pada mata diklat PAUL di SMK N 1 Batipuh dan untuk mengungkap seberapa besar kontribusi sarana prasarana dan minat belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa kelas X TITL pada mata diklat PAUL di SMK N Batipuh. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X TITL di SMK N 1 Batipuh yang berjumlah 30 orang siswa. Subjek penelitian terdiri dari 30 orang siswa. Instrumen penelitian menggunakan angket sebanyak 52 item, untuk uji validitas menggunakan product moment dimana terdapat 2 item yang gugur, sedangkan reliabilitas instrumen menggunakan metode Alpha dimana semua item dinyatakan reliabel. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi product moment. Hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) Terdapat kontribusi sarana prasarana terhadap hasil belajar mata diklat PAUL di SMK N 1 Batipuh sebesar 10,59 %. (2) Terdapat kontribusi minat belajar terhadap hasil belajar mata diklat PAUL sebesar 8,08 %. (3) Terdapat kontribusi sarana prasarana dan minat belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar mata diklat PAUL di SMK N 1 Batipuh sebesar 25,29%. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa terdapat kontribusi terhadap hasil belajar mata diklat PAUL adalah faktor kontribusi sarana prasarana dan minat belajar baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersamasama. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sarana prasarana dan minat belajar merupakan dua faktor yang turut menyumbang terhadap hasil belajar siswa kelas X Jurusan TITL pada mata diklat PAUL di SMK N 1 Batipuh.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Alat Ukur Listrik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1
Depositing User: Nurismen Nurismen S.Sos
Date Deposited: 26 May 2025 03:22
Last Modified: 26 May 2025 10:01
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12194

Actions (login required)

View Item
View Item