Hubungan Antara Kompetensi Andragogi Pamong Belajar dengan Kinerjanya di Sanggar Kegiatan Belajar Se-Kota Padang

Azhar, Azhar (2014) Hubungan Antara Kompetensi Andragogi Pamong Belajar dengan Kinerjanya di Sanggar Kegiatan Belajar Se-Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_AZHAR_15625_3615_2014.pdf] Text
B1_4_AZHAR_15625_3615_2014.pdf

Download (612kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kompetensi andragogi dan kinerja pamong belajar seperti pamong belajar mempunyai dedikasi yang rendah. Menyelesaikan laporan pertanggungjawaban tidak sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan, kurang melibatkan anggota lain dalam melaksanakan program, mendata warga belajar tidak tepat sasaran. Hal ini diduga karena pamong belajar belum mengembangkan kompetensi andragogi dan menerapkan kinerja yang baik dalam menjalankan program pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah (1) Menggambarkan kompetensi andragogi pamong belajar pada Sanggar Kegiatan Belajar Se-Kota Padang, (2) Menggambarkan kinerja pamong belajar pada Sanggar Kegiatan Belajar Se-Kota Padang, (3) Menjelaskan hubungan antara kompetensi andragogi dengan kinerja pamong belajar pada Sanggar Kegiatan Belajar Se-Kota Padang. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif korelasional yang menggambarkan dan mencari hubungan antara dua variabel. Variabel penelitian ini adalah kompetensi andragogi sebagai variabel X dan kinerja pamong belajar sebagai variabel Y. Teknik pengambilan sampel dengan metode sensus, jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 28 orang pamong belajar. Data dikumpulkan dengan teknik angket, dengan pengolahan menggunakan teknik analisis data Persentase dan Sparman Rho Dari hasil penelitian terlihat bahwa, (1) kompetensi andragogi pamong belajar di sanggar kegiatan belajar se-kota padang kurang baik, (2) kinerja pamong belajar dalam menjalankan kegiatan di sanggar kegiatan belajar se-kota padang tergolong rendah, (3) terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi andragogi dengan kinerja pamong belajar di sanggar kegiatan belajar se-kota padang, dimana lebih besar dari . Saran untuk penelitian ini adalah kepada pamong belajar disarankan agar dapat mengemangkan kompetensi andragogi dalam proses pembelajaran mulai dari menyusun rencana pembelajaran dan melaksanakan evaluasi hasil belajar dan pamong belajar harus meningkatkan kinerjanya dalam menjalankan aktivitas sehari-hari mulai dari loyalitas, tanggung jawab, kedisiplinan, dan hasil kerja.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Andragogi, Pamong Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 26 May 2025 03:18
Last Modified: 26 May 2025 09:57
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12171

Actions (login required)

View Item
View Item