Penanganan Komplain Pelanggan tentang Pencatatan Angka Meter dan Pemasangan Baru Tenaga Listrik oleh PT.PLN (Persero) Area Padang Rayon Tabing

Sari, Desi Ratna (2017) Penanganan Komplain Pelanggan tentang Pencatatan Angka Meter dan Pemasangan Baru Tenaga Listrik oleh PT.PLN (Persero) Area Padang Rayon Tabing. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_DESI_RATNA_SARI_1206041_5344_2017.pdf] Text
B1_05_DESI_RATNA_SARI_1206041_5344_2017.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian inibertujuanuntuk menjelaskan: 1)penanganan komplain pelanggan tentang pencatatan angka meter oleh PT.PLN (Persero) Area Padang Rayon Tabing dan 2) penanganan komplain pelanggantentang pemasangan baru tenaga listrik berdasarkan sarana dan metode komplain oleh PT. PLN (Persero) Area Padang Rayon Tabing. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan
metode deskriptif. Informan dalam penelitian ini ditentukan dengan purpose sampling. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder.Data dikumpulkan melaluis tudi dokumentasi dan wawancara, menggunakan
pedoman wawancara. Teknik menguji keabsahan data dengan metode triangulasi teknik yaitu pengecekkan kepada sumber yang sama dengan teknik yang berbeda dibuktikan dengan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan 1) Penanganan komplain pelanggan tentang pencatatan angka meter berdasarkan sarana dan metode komplain tidak ada
sarana khusus melainkan pelanggan sendiri yang datang langsung ke PLN atau dengan metode voice response. Penanganan komplain pelanggan terkait pencatatan angka meter oleh PLN belum sepenuhnya memberikan pelayanan yang
maksimal karena pelanggan masih merasakan ketidaknyamanan atas pelayanan yang diberikan oleh PLN. 2)Penanganan komplain pelanggan tentang pemasangan baru belum efektifkarenahanyaada satu sarana pengaduan yang ada
di PT PLN yaitu Telpon di (0751) 123 dari 5 sarana pengaduan (Telpon, Sms,Layanan Web, Email, dan Kotak Pengaduan), dan metode yang digunakan terkait
komplain pemasangan baru adalah Voice Response yaitu dengan datang langsung ke PT.PLN (Persero) Area Padang Rayon Tabing

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 26 May 2025 00:54
Last Modified: 26 May 2025 00:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12158

Actions (login required)

View Item
View Item