Zebua, Edward (2015) Pengembangan Model Pembelajaran Kewirausahaan dengan Pendekatan Active Learning dan Metode Kelompok pada Institut Seni Indonesia Padangpanjang. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_9_EDWAR_ZEBUA_51765_2808_2015.pdf [thumbnail of B1_9_EDWAR_ZEBUA_51765_2808_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_9_EDWAR_ZEBUA_51765_2808_2015.pdf
Download (463kB)
Abstract
Pelaksanaan pembelajaran kewirausahaan di Institut Seni Indonesia
Padangpanjang belum efektif, dengan indikator sebagai berikut: (1) proses
pembelajaran masih terbatas pada teori saja dan belum secara terkondisi
membangun jiwa kewirausahaan dalam kegiatan nyata industri dan dunia kerja,
(2) perkuliahan masih bertumpu pada cara pembelajaran teacher centre, yaitu
dosen sebagai pusat kegiatan pembelajaran. Pendekatan pembelajaran aktif
dengan metode diskusi kelompok harus dikembangkan dalam rangka
meningkatkan kesempatan belajar mahasiswa. Pembelajaran kewirausahaan
adalah untuk memperkenalkan dan mempraktekkan prinsip-prinsip
kewirausahaan terkait pada program studi.
Penelitian dan pengembangan (R dan D) telah dilakukan untuk merancang
sebuah model pembelajaran kewirausahaan yang didasarkan pada pendekatan
belajar aktif dengan metode diskusi kelompok mahasiswa. Model ini
dikembangkan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran kewirausahaan.
Pembelajaran tersebut kemudian diimplementasikan dan dievaluasi di Institut
Seni Indonesia Padangpanjang.
Temuan penelitian ini adalah: (1)Pelaksanaan pembelajaran kewirausahaan
di ISI Padangpanjang belum berjalan sebagaimana harusnya, (2) Perangkat
pembelajaran kurang baik, seperti silabus, RPKPS, SAP, dan sintakmatik, (3)
Pengembangan model pembelajaran dengan menggunakan model ADDIE,
dihasilkan suatu model pembelajaran kewirausahaan dengan pendektan active
learning dan metode kelompok pada ISI Padangpanjang, (4) Model pembelajaran
kewirausahaan dengan pendekatan active learning dan metode kelompok pada
ISI Padangpanjang terbukti valid, efektive, praktis, dan sekaligus secara
signifikan dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa mahasiswa dengan pendekatan
belajar aktif yang didukung oleh diskusi kelompok merupakan pendekatan yang
efektif untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran kewirausahaan di Institut
Seni Indonesia Padangpanjang
Item Type: | Thesis (Doctoral/Disertasi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Active Learning Metode Kelompok |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3 |
Depositing User: | Melinda Febrianti S.IP |
Date Deposited: | 26 May 2025 00:50 |
Last Modified: | 26 May 2025 00:50 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12147 |