Pembentukan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Pramuka pada SMP Negeri 2 Ranah Ampek Hulu Tapan Pesisir Selatan

Hermanto, Hermanto (2017) Pembentukan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Pramuka pada SMP Negeri 2 Ranah Ampek Hulu Tapan Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_HERMANTO_2984_1206575_2018.pdf] Text
B1_01_HERMANTO_2984_1206575_2018.pdf

Download (5MB)

Abstract

Berdasarkan observasi yang penulis lakukan di lapangan, ternyata masih rendahnya kegiatan pramuka pada SMP Negeri 2 Ranah Ampek Hulu Tapan. Banyak faktor yang mempengaruhi adalah faktor pembentukan karakter terhadap kegiatan pramuka karena pembina pramuka lebih banyak fokus pada kegiatan pramuka saja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana karakter siswa melalui kegiatan pramuka pada SMP Negeri 2 Ranah Ampek Hulu Tapan.
Penelitian ini bersifat deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Ranah Ampek Hulu Tapan sebanyak 30 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara Total Sampling, maka sampel sebanyak 30 orang. Pengambilan data dilakukan dengan cara membagikan angket yang dirancang sedemikian rupa sehingga bisa menyebabkan informasi yang lebih objektif dari responden. Analisis data penelitian menggunakan teknik distribusi frekwensi (statistik deskriptif) dengan perhitungan persentase P = f/n × 100%.
Hasil analisis data diperoleh, 1) Tingkat pencapaian Variabel pembentukan karakter siswa sebesar 72,21% dan tergolong baik, 2) Tingkat pencapaian Variabel kegiatan pramuka sebesar 83,65% dan tergolong sangat baik, 3) Tingkat pencapaian Pembentukan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Pramuka Pada SMP Negeri 2 Ranah Ampek Hulu Tapan sebesar 78,56% dan tergolong baik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: S Sport
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan-S1
Depositing User: Ridha Prima Adri S.Sos
Date Deposited: 26 May 2025 00:50
Last Modified: 26 May 2025 00:50
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12146

Actions (login required)

View Item
View Item