Pengaruh Kecerdasan Emosional, Fasilitas Latihan, Kompetensi Diri dan Motivasi terhadap Kinerja Pelatih PPLP Provinsi Sumatera Barat

Donie, Donie (2016) Pengaruh Kecerdasan Emosional, Fasilitas Latihan, Kompetensi Diri dan Motivasi terhadap Kinerja Pelatih PPLP Provinsi Sumatera Barat. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_9_DONIE_19439_3417_2016.pdf] Text
B1_9_DONIE_19439_3417_2016.pdf

Download (520kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan makin tingginya persaingan prestasi atlet atlet
muda di PPLP yang membutuhkan pelatih yang berkualitas dan berkinerja tinggi. Untuk
melihat kinerja pelatih pada PPLP Provinsi Sumatera Barat perlu dilakukan penelitian
terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja pelatih dalam kaitannya dengan
kecerdasan emosional, fasilitas latihan, kompetensi diri dan motivasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris faktor-faktor yang
mempengaruhi kinerja pelatih dilihat dari: kecerdasan emosional, fasilitas latihan,
kompetensi diri dan motivasi. Metoda penelitian yang digunakan adalah metoda kuantitatif
dengan menggunakan pendekatan Path Analysis yang menggunakan persamaan persamaan
struktural yaitu kausalitas dimensi kecerdasan emosional (X1), fasilitas latihan (X2),
kompetensi diri (X3) dan Motivasi (X4) terhadap kinerja pelatih (Y) dan kausalitas kecerdasan
emosional (X1), fasilitas latihan (X2), kompetensi diri (X3) terhadap kinerja pelatih (Y)
melalui motivasi (X4).
Populasi dari penelitian ini adalah seluruh pelatih PPLP Provinsi Sumatera Barat yang
berjumlah 33 orang dari 12 cabang olahraga yang dibina di PPLP. Jumlah sampel dalam
penelitian ini adalah 30 orang dengan menggunakan teknik probability sampling, yaitu
teknik pengambilan sampel dengan memberikan peluang yang sama pada setiap anggota
populasi untuk dapat dijadikan sampel. Data penelitian dikumpulkan dengan angket model
skala Likert yang telah diuji kesahihan dan kehandalannya. Data dianalisis dengan teknik
analisis jalur variabel moderasi.
Penelitian ini menemukan bahwa: (1) terdapat pengaruh langsung kecerdasan
emosional terhadap kinerja pelatih, (2) terdapat pengaruh langsung dari fasilitas latihan
terhadap kinerja pelatih, (3) terdapat pengaruh langsung kompetensi diri terhadap kinerja
pelatih, (4) terdapat pengaruh langsung motivasi terhadap kinerja pelatih , (5) terdapat
pengaruh langsung kecerdasan emosional terhadap motivasi pelatih, (6) terdapat pengaruh
langsung fasilitas latihan terhadap motivasi pelatih. (7) terdapat pengaruh langsung
kompetensi diri terhadap motivasi pelatih.
Dengan demikian untuk meningkatkan kinerja pelatih dapat dilakukan dengan
peningkatan kecerdasan emosional, fasilitas latihan, kompetensi diri dan motivasi

Item Type: Thesis (Doctoral/Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional Kompetensi Diri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 26 May 2025 00:49
Last Modified: 26 May 2025 00:49
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12145

Actions (login required)

View Item
View Item