Peningkatan Prestasi Belajar Praktek Kerja Batu Siswa SMK Negeri 5 Padang Melalui Metode Demonstrasi dengan Menggunakan Benda Model dan Benda Asli Pada Kelas X

Junaidi, Herman (2013) Peningkatan Prestasi Belajar Praktek Kerja Batu Siswa SMK Negeri 5 Padang Melalui Metode Demonstrasi dengan Menggunakan Benda Model dan Benda Asli Pada Kelas X. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_HERMAN_YUNAIDI_1209498_141_2014.pdf] Text
B1_01_HERMAN_YUNAIDI_1209498_141_2014.pdf

Download (300kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui upaya peningkatan prestasi
belajar praktek kerja batu siswa SMK Negeri 5 Padang melalui metode
demontrasi dengan menggunakan benda model dan benda asli padakelas X.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Room Action
Research). Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan mengadakan kolaborasi
dengan guru produktif bangunan SMK Negeri 5 Padang.
Sebagai subjek penelitian adalah Siswa Kelas X Jurusan Bangunan tahun
pelajaran 2012/2013 dengan jumlah anak sebanyak 25 orang.
Penelitian ini akan dilaksanakan pada semester ganjil pada bulan Juli-
September 2012. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan melalui
beberapa siklus untuk melihat peningkatan hasil belajar anak melalui metode
demontrasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I pada materi penggunaan
alat ukur waterpas dan slang air dari 25 orang murid, yang memperoleh nilai
sebelas siswa memperoleh skor kurang (<75) yakni 42,3 %, empat belas siswa
mendapat nilai cukup yakni 53,83 %, siswa mendapat nilai baik satu siswa yakni
3,85 %, dan tidak ada siswa tergolong ke dalam kategori nilai amat baik . Pada
siklus II diperoleh data peningkatan yang baik. Ada tiga siswa yang memperoleh
skor kurang (<75) yakni 11,54 %, dan enam belas siswa yang mendapat nilai
cukup sekitar 69,23%, Di sini tercatat satu siswa mendapat nilai amat baik atau
sekitar 3,85% , dan sisanya empat siswa mendapat nilai baik yakni sekitar
15,38%. Kemudian pada materi menentukan titik as bangunan dengan pasangan
bouwplank dan unting-unting untuk menentukan ketegakan pasangan batu bata,
dari 26 murid, pada siklus I tidak ada yang mendapat nilai amat baik yakni 0 %,
dan yang mendapat nilai baik berjumlah empat orang siswa yakni 15,38 % , dan
ada siswa yang mendapat nilai cukup berjumlah tiga belas orang siswa yakni 50 %
dan mendapat nilai kurang (<74) berjumlah sembilan orang atau 34,62 %. Pada
siklus II tidak ada siswa memperoleh skor kurang (<75) yakni 0 %, sebelas siswa
mendapat nilai cukup yakni 42,31 %, siswa mendapat nilai baik dua belas siswa
atau sekitar 46,12 %, dan dua siswa tergolong ke dalam kategori nilai amat baik
yakni 7,69 %.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil-S1
Depositing User: Ridha Prima Adri S.Sos
Date Deposited: 26 May 2025 00:49
Last Modified: 26 May 2025 00:49
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12144

Actions (login required)

View Item
View Item