Darmayenti, Darmayenti (2011) Pengembangan Model ’Mingle’ dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_9_DARMAYENTI_11047_3739_2012.pdf [thumbnail of B1_9_DARMAYENTI_11047_3739_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_9_DARMAYENTI_11047_3739_2012.pdf
Download (118kB)
Abstract
Pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Inggris di SD di kota Padang
pada umumnya saat ini masih belum efektif. Model pembelajaran yang digunakan
oleh guru belum mencapai sasaran dan belum sesuai dengan kharakterstik peserta
didik. Oleh karena itu, perlu dikembangkan satu model dalam pembelajaran
keterampilan berbicara bahasa Inggris yang relevan dengan kharakteristik siswa
SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model ‘Mingle’ sebagai
alternatif model dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Inggris yang
sesuai dengan kharakteristik siswa di SD. Model ‘Mingle’ merupakan teknik
mengajar keterampilan berbicara yang biasa digunakan di kelas-kelas Amerika.
Model ini perlu disesuaikan dengan kharakteristik peserta didik SD yang
menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa asing.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (Research
and Development). Pengembangan model ‘Mingle’ dilakukan dengan menerapkan
model pengembangan “ADDIE” yaitu; (1) menganalisa pembelajaran
keterampilan berbicara bahasa Inggris di SD di kota Padang yang sedang
berlangsung saat ini, (2) mendesain model Mingle yang sesuai dengan
kharakteristik siswa SD, (3) mengembangkan model Mingle dan menguji validitas
internalnya, (4) mengujicobakan model dalam proses pembelajaran keterampilan
berbicara bahasa Inggris di SD 05 Padang Pasir dan SD 06 Piai Tangah Pauh, (5)
mengevaluasi proses pembelajaran untuk menentukan apakah model pembelajaran
cocok diterapkan untuk meningkatkan proses pembelajaran keterampilan
berbicara. Implementasi model Mingle ini dilakukan secara eksperimen dalam
proses pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Inggris di kelas SD.
Observasi, angket, dan tes keterampilan berbicara digunakan untuk
mengumpulkan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran keterampilan
berbicara bahasa Inggris di sekolah dasar terpusat pada peserta didik belum
sepenuhnya dilaksanakan oleh guru bahasa Inggris. Proses pembelajaran yang
sering dilakukan adalah penghapalan dialog dan dipraktekkan secara berpasangan.
Aktivitas pembelajaran berdasarkan standar proses pendidikan (Permen No 41
Tahun 2007) seperti eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi belum terlaksana
dengan baik. Pengembangan model Mingle yang telah didesain meliputi fase yaitu
persiapan, pemanasan, penetapan aturan permainan, melakukan model ‘Mingle’,
penyajian hasil, dan diskusi. Implementasi model terdapat perbedaan yang
signifikan dalam capaian hasil belajar yang belajar menggunakan model Mingle
dan model tradisional atau tanpa model Mingle baik pada sekolah peringkat tinggi
(high level school) maupun biasa (low level school). Dari hasil penelitian tersebut,
tersusunlah model ‘Mingle’ yang layak digunakan oleh guru bahasa Inggris dalam
pembelajaran keterampilan berbicara.
Dapat disimpulkan bahwa model model ‘Mingle’ lebih efektif digunakan
dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Inggris di sekolah dasar.
Implikasi hasil penelitian adalah meningkatnya kualitas pembelajaran
keterampilan berbicara bahasa Inggris di SD
Item Type: | Thesis (Doctoral/Disertasi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mingle Keterampilan Berbicara |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3 |
Depositing User: | Melinda Febrianti S.IP |
Date Deposited: | 26 May 2025 00:48 |
Last Modified: | 26 May 2025 00:48 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12136 |