Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Randai Bujang Sampai di Nagari Gunuang Rajo, Batipuah Tanah Datar Indonesia

Arzul, Arzul (2014) Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Randai Bujang Sampai di Nagari Gunuang Rajo, Batipuah Tanah Datar Indonesia. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_9_ARZUL_51760_30_2015.pdf] Text
B1_9_ARZUL_51760_30_2015.pdf

Download (107kB)

Abstract

Pendidikan tidak boleh dipisahkan dari kebudayaan, karena salah satu
tujuan penting dari pendidikan ini adalah untuk mempelajari budaya yang pada
gilirannya untuk mengembangkan karakter seseorang sebagai manusia. Kinerja
Randai bukan sekedar hibutan tau kesenangan, tetapi juga menjadi bagian dari
pendidikan nonformal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengindentifikasi nilai-nilai pendidikan
karekter berasal dari kinerja Randai Bujang Sampai dari Gunuang Rajo, nagari
Batipuah, Batusangkar Indonesia. Pendekatan penelitian Etnografi dilakukan
dalam penelitian ini. Data kualitatif dikumpulkan melalui (1) observasi langsung
dan mendalam pada kinerja nyata Randai. (2) Pembeian makna dari transkrip
Randai dilihat dari analisis semiotik. Dan (3) pengamatan posisi dan fungsi aktor
Randai di kehidupan nyata mereka. Data kemudian dianalisis secara kualitatif dan
diinterpretasikan untuk menemukan nilai-nilai pendidikan karakter yang
bermakna untuk dimasukkan dalam kurikulum nasional.
Temuan penelitian ini adalah: (1) nilai-nilai pendidikan karakter yang
berasal dari Randai ini sejalan dengan budaya Minangkabau yang juga didasarkan
pada filsafat Islam. (2) Randai Bujang Sampai mengandung nilai-nilai pendidikan
karakter seperti nilai-nilai agama, cinta damai, kejujuran, ramah, saling
menghormati, demokrasi dan bersosialisasi. Bersasarkan temuan, dapat
disimpulkan, bahwa Randai Bujang Sampai adalah hiburan budaya yang
berharga yang mengandung nilai-nilai pendidikan karakter. Penenlitian ini
menunjukkan bahwa Randai Bujang Sampai harus diperkenalkan secara luas
kepada siswa melalui kegiatan budaya siswa. Penelitian ini menunjukkan kepada
peneliti selanjutnya agar mempelajari berbagai pertunjukan budaya lainnya
untuk mengetahui makna yang terkandung dan kinerja pendidikan demi
meningkatkan kepribadian siswa

Item Type: Thesis (Doctoral/Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter Randai Bujang
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 26 May 2025 00:48
Last Modified: 26 May 2025 00:48
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12131

Actions (login required)

View Item
View Item