Ardoni, Ardoni (2016) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Sistem Pakar untuk Mata Kuliah Sumber dan Layanan Informasi. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_9_ARDONI_11044_6500_2016.pdf [thumbnail of B1_9_ARDONI_11044_6500_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_9_ARDONI_11044_6500_2016.pdf
Download (556kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari studi pendahuluan terhadap pelaksanaan
perkuliahan Sumber dan Layanan Informasi dalam memberikan pembekalan
kepada mahasiswa calon pustakawan di layanan rujukan yang merupakan layanan
utama di perpustakaan. Hasil wawancara dengan responden awal menunjukkan
bahwa terdapat kekurangan alokasi waktu yang membuat materi praktik
penguasaan tujuan dan cakupan, pengelompokan, dan konsultasi temu balik buku
rujukan tidak dapat dilaksanakan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengembangkan prototipe sistem
pakar yang valid dan praktis sebagai media pembelajaran untuk mata kuliah
tentang sumber dan layanan informasi pokok bahasan cakupan buku-buku rujukan
dan teknik konsultasi rujukan dalam lingkungan belajar konektivisme, dan (2)
mengevaluasi efektivitas prototipe sistem pakar yang dikembangkan tersebut
terhadap peningkatan kemampuan mahasiswa dalam menguasai cakupan bukubuku
rujukan dan mempersempit pertanyaan rujukan dalam bentuk konsultasi
rujukan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and
development). Validator penelitian ini terdiri dari 8 (delapan) orang pakar yang
terbagi ke dalam tiga kelompok. Prototipe produk penelitian ini juga diukur
praktikalitasnya melalui evaluasi sendiri, evaluasi satu-satu kepada 1 (satu) orang
pustakawan alumnus PS-IPK Universitas Negeri Padang (UNP) dan 4 (empat)
orang dosen, evaluasi kelompok kecil kepada 7 (tujuh) orang mahasiswa, dan
evaluasi kelompok besar kepada 37 (tiga puluh tujuh) orang mahasiswa. Uji
efektivitas produk melibatkan 105 orang mahasiswa.
Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara tak terpandu, wawancara
terpandu, kuesioner, dan soal tes. Seluruh instrumen divalidasi oleh 2 (dua) orang
validator, kecuali satu instrumen karena instrumen tersebut merupakan checklist
yang sudah distandardisasi. Pengukuran efektivitas dilakukan dalam rancangan
penelitian eksperimental sungguhan (true experimental design), yaitu Posttest-
Only Control Design.
Dari analisis data diperoleh bahwa media pembelajaran sebagai produk
penelitian ini memiliki validitas dan praktikalitas rata-rata di atas 80%. Diperoleh
pula, bahwa media pembelajaran ini memiliki efektivitas untuk meningkatkan
skor yang diperoleh mahasiswa yang belum pernah mengikuti kuliah tentang
sumber dan layanan informasi, tidak berbeda dengan mahasiswa yang sudah
pernah mengikuti kuliah tersebut. Disimpulkan, media pembelajaran tersebut
valid, praktis, dan efektif serta dapat digunakan sebagai media pembelajaran
dalam mata kuliah tentang sumber dan layanan informasi
Item Type: | Thesis (Doctoral/Disertasi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Layanan Informasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3 |
Depositing User: | Melinda Febrianti S.IP |
Date Deposited: | 26 May 2025 00:48 |
Last Modified: | 26 May 2025 09:53 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12130 |