Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning (BL) dalam Mata Kuliah Medan Elektromagnetik

Yuhanef, Afrizal (2017) Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning (BL) dalam Mata Kuliah Medan Elektromagnetik. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_9_AKHIR_YUHENEF_80876_4264_2017.pdf] Text
B1_9_AKHIR_YUHENEF_80876_4264_2017.pdf

Download (519kB)

Abstract

Penulisan disertasi ini berawal dari studi pendahuluan bahwa kenyataan
dilapangan menunjukkan masih terbatasnya ketersediaan fasilitas e-learning yang
dimiliki institusi, webside e-learning yang sudah ada belum terstruktur sesuai
dengan kebutuhan, belum adanya webside khusus pada mata kuliah tertentu,
sarana dan prasarana internet yang ada belum mendukung dengan baik, dan
rendahnya hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Medan Elektromagnetik.
Tujuan penulisan ini adalah; menghasilkan model pembelajaran Blended
Learning pada Mata Kuliah Medan Elektromagnetik Program Studi Teknik
Telekomunikasi yang valid, praktis dan efektif.
Desain penelitian adalah Research and Development dengan menggunakan
model ADDIE. Teknik pengumpulan data berupa angket, wawancara, observasi
dan tes. Data dianalisis dengan menggunakan data kulitatif dan kuantitatif sehingga
diperoleh model pembelajaran Blended Learning dan perangkat pembelajaran.
Produk diuji validitasnya oleh pakar, uji praktikalitas oleh dosen dan mahasiswa
dan uji efektifitas melalui hasil belajar mahasiswa.
Hasil pengembangan terdiri dari (1) buku model pembelajaran Blended
Learning, (2) perangkat pembelajaran terdiri dari (a) RPS, (b) media presentasi,
(c) bahan ajar, (d) webside e-learning yang tersutruktur dengan baik, yang valid,
praktis dan efektif. Model pembelajaran Blended Learning dapat mengatasi
keterbatasan ketersediaan fasilitas e-learning bagi dosen dalam membantu
mahasiswa dalam mengkonstruksi pembelajaran sehingga memiliki kemampuan
menjadi mahasiswa yang mandiri. Pada akhirnya model ini dapat menjadi standar
tersediannya e-learning pada mata kuliah Medan Elektromagnetik di Politeknik
Negeri Padang.

Item Type: Thesis (Doctoral/Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Blended Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 26 May 2025 00:47
Last Modified: 26 May 2025 00:48
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12129

Actions (login required)

View Item
View Item