Suasti, Yurni (2019) Model Pembelajaran Insert Nilai Religius dalam Membangun Karakter Peduli Lingkungan Siswa SMA Kota Padang. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_8_YURNI_SUASTI_1204403_6090_2019.pdf [thumbnail of B1_8_YURNI_SUASTI_1204403_6090_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_8_YURNI_SUASTI_1204403_6090_2019.pdf
Download (866kB)
Abstract
Penelitian bertujuan untuk merancang dan melihat validitas, praktikalitas dan
efektifitas model pembelajaran Insert Nilai Religius untuk meningkatkan karakter
peduli lingkungan pada mata pelajaran Geografi di Sekolah Menengah Atas Kota
Padang. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model
ADDIE, meliputi analisis, design, development, implementataion, dan evaluation,
tentang model pembelajaran Insert Religius untuk meningkatkan karakter peduli
lingkungan pada mata pelajaran Geografi di Kota Padang. Penelitian ini
menemukan bahwa: 1) Pembelajaran geografi yang dilaksanakan di sekolah
selama ini belum secara sistematis dan spesifik menginsertkan nilai-nilai religius
untuk meningkatkan karakter peduli lingkungan. Pengembangan nilai-nilai
religius yang dipahami oleh guru sebatas pengucapan salam, berdoa, pembacaan
asmaul-husna dan ayat-ayat pendek. 2) Model pembelajaran Insert Religius yang
dihasilkan mempunyai tingkat kevalidan yang tinggi, praktikalitas sangat praktis,
dan efektivitas yang tinggi. Dengan demikian model pembelajaran Insert Religius
valid, praktis dan efektif digunakan untuk meningkatkan karakter peduli
lingkungan
Item Type: | Thesis (Doctoral/Disertasi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Nilai Religius |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3 |
Depositing User: | Melinda Febrianti S.IP |
Date Deposited: | 26 May 2025 00:47 |
Last Modified: | 26 May 2025 00:47 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12126 |