Yarman, Yarman (2021) Pengembangan Local Instructional Theory untuk Perkuliahan Persamaan Diferensial Biasa. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_8_YARMAN_1304348_5762_2021.pdf [thumbnail of B1_8_YARMAN_1304348_5762_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_8_YARMAN_1304348_5762_2021.pdf
Download (1MB)
Abstract
Persamaan Diferensial Biasa (PDB) merupakan mata kuliah wajib pada
Jurusan Matematika di Perguruan Tinggi Indonesia. Salah satu materi dari mata
kuliah PDB ini adalah Persamaan Diferensial Biasa Orde-1. Dari penelitian awal
diperoleh terlihat adanya kecendrungan pembelajaran topik PDB orde-1 lebih
mengutamakan kajian teoritis dari pada materi terapan. Akibatnya kemampuan
komunikasi matematis mahasiswa menjadi kurang berkembang dalam topik ini.
Oleh karena itu, perlu dikembangkan Local Instructional Theory (LIT) berbasis
Realistic Mathematics Education (RME) untuk topik PDB orde-1. Proses
pengembangan LIT ini menggunakan design research model pengembangan Plomp
yang dilengkapi dengan model Gravemeijer & Cobb. Model Plomp terdiri dari tiga
fase utama, yaitu (1) preliminary research phase; (2) development or prototyping
phase yang mencakup beberapa evaluasi formatif, yaitu self evaluation, expert
review, one to one evaluation, dan small group; dan (3) assessment phase berupa
field test. Model Gravemeijer & Cobb dimanfaatkan pada fase pengembangan.
Model ini juga terdiri dari tiga fase, yaitu (1) preparing for the experiment phase;
(2) conducting of the experiment phase; dan (3) retrospective analysis phase.
Sebagai subjek penelitian dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi
Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Padang. Data penelitian
dikumpulkan dengan teknik analisis dokumen, wawancara, observasi, penyebaran
angket, dan tes. Hasil dari penelitian ini berupa LIT berbasis RME untuk topik PDB
orde-1 yang diimplementasikan berupa Buku Panduan Kerja Dosen dan Buku
Panduan Kegiatan Mahasiswa yang (1) valid, dengan karakteristik sesuai
kebutuhan, memanfaatkan konsep PDB orde-1 yang benar, komponen-komponen
desain pembelajaran saling terkait secara konsisten, dan desain pembelajaran
memuat komponen HLT serta memenuhi karakteristik RME; (2) praktis, dengan
karakteristik dapat digunakan, mudah digunakan, dan memiliki daya tarik yang
sangat baik; dan (3) efektif, dimana penerapan LIT yang dikembangkan berdampak
terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa
Item Type: | Thesis (Doctoral/Disertasi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Local Instructional Theory Persamaan Diferensial |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3 |
Depositing User: | Melinda Febrianti S.IP |
Date Deposited: | 26 May 2025 00:47 |
Last Modified: | 26 May 2025 00:47 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12124 |