Model Project-Based Learning Berbantuan Expert System pada Matakuliah Jaringan Komputer

Yadi, Yadi (2021) Model Project-Based Learning Berbantuan Expert System pada Matakuliah Jaringan Komputer. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_8_YADI_17193069_425_2022.pdf] Text
B1_8_YADI_17193069_425_2022.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan kejuruan merupakan salah satu sistem pendidikan nasional yang
bertujuan mempersiapkan seseorang menjadi tenaga ahli yang siap pakai, yang
mempunyai keterampilan dan pengetahuan untuk diterapkan di lapangan
pekerjaan, kebutuhan tenaga kerja pada jaringan komputer semakin meningkat
menjadikan sebuah peluang bagi mahasiswa yang memiliki kompetensi jaringan
komputer. Permasalahan yang terjadi belum optimal pengetahuan dan
keterampilan dalam menganalisis permasalahan pada jaringan komputer masih
lemah, sehingga desain topologi jaringan yang dibuat mahasiswa belum
maksimal. Untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu dikembangkan suatu
model pembelajaran project-based learning yang menggunakan bantuan teknologi
sesuai pada kondisi revolusi industri 4.0. Penelitian ini bertujuan untuk
mengembangkan model project-based learning berbantuan expert system yang
dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang didasari softskill 4C
(Communication, Collaboration, Critical Thinking dan Creative).
Penelitian menggunakan pendekatan Research and Development (R&D)
dengan mengadopsi Borg and Gall menjadi tiga tahapan diantaranya pendahuluan,
pengujian dan pengembangan, untuk menentukan validasi model menggunakan
uji pakar melalui Focus Group Discussion (FGD). Uji efektivitas dilakukan
melalui pengukuran kognitif, afektif dan psikomotor melalui penyebaran
instrumen kuesioner dan tes formatif, uji coba produk dilakukan secara terbatas
dan lebih luas. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial
dengan pengolahan data berbantuan program SPSS Versi 21.
Penelitian ini menghasilkan model project-based learning berbantuan expert
system pada matakuliah jaringan komputer. Berdasarkan temuan dapat
disimpulkan bahwa model project-based learning berbantuan expert system ini
memiliki validitas, praktikalitas dan efektivitas yang telah teruji sehingga layak
dipergunakan dalam proses pembelajaran. Implikasi dari penelitian ini dapat
menjadikan rekomendasi model pembelajaran berbasis proyek untuk
meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam menganalisis suatu
permasalahan

Item Type: Thesis (Doctoral/Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Project-Based Learning Expert System
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan-S3
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 26 May 2025 00:46
Last Modified: 26 May 2025 00:46
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12123

Actions (login required)

View Item
View Item