Pengembangan Model Kepemimpinan Kepala Sekolah Berbasis Kecerdasan Spritual pada Sekolah Menengah Atas (SMA)

Ridhwansyah, Ridhwansyah (2018) Pengembangan Model Kepemimpinan Kepala Sekolah Berbasis Kecerdasan Spritual pada Sekolah Menengah Atas (SMA). Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_RIDWANSYAH_19462_2018.pdf] Text
B1_RIDWANSYAH_19462_2018.pdf

Download (867kB)

Abstract

Penelitian Pengembangan dilakukan karena kegagalan dan keberhasilan
suatu sekolah banyak ditentukan oleh kepala sekolah selaku pemimpin, karena
kepala sekolah merupakan pengendali dan penentu arah yang hendak ditempuh
oleh satuan pendidikan menuju tujuan secara sedemikian rupa dengan
mengoptimalkan sumber daya, sarana dan prasarana yang tersedia.
Metode penelitian menggunakan prosedur pengembangan. Tahap
pengembangan dengan melakukan model Four D, yaitu singkatan dari Define,
Design, Development, Dessemination. Subjek penelitian yaitu, keseluruhan
Kepala Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Merangin yang tergabung
dalam kelompok musyawarah kelompok kerja kepala sekolah. Data dianalisis
menggunakan pendekatan data kualitatif dan kuantitatif deskriptif dengan rumus
persentasi.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: Pertama Pengembangan
model kepemimpinan kepala sekolah berbasis kecerdasan spiritual ini berhasil
dibangun dan dinyatakan valid oleh pakar dengan nilai validasi 88.67 (sangat
baik) berkaitan dengan materi kepemimpinan kepala sekolah. Selanjutnya lembar
validasi program kepemimpinan kepala sekolah dengan rata-rata 4.03 dengan
tingkat capaian 80.62% dengan kategori baik. Validasi model desain
kepemimpinan kepala sekolah berbasis kecerdasan spiritual dengan skor rata-rata
4.0 dengan tinkat capaian 87.80% dengan kategori sangat valid. Kedua
Praktikalitas model kepemimpinan kepala sekolah dengan rata-rata 4.33 dengan
tingkat capaian 86.67% dengan kategori praktis kepala sekolah menyatakan
bahwa model ini memudahkan dan membangkitkan motivasi mereka dalam
melaksanakan kepemimpinanya. Selanjutnya, hasil pengembangan kepemimpinan
kepala sekolah berbasis kecerdasan spiritual dinyatakan efektif. Pernyataan
tersebut terbukti melalui analisis t-test dari seluruh SMA Kabupaten Merangin
yang menjelaskan bahwa thitung pada model ini lebih besar dari ttable (6,95 > 2,285)
dan nilai Sig. (,000) < α (0,05).

Item Type: Thesis (Doctoral/Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Model Kepemimpinan Kepemimpinan Kepala Sekolah Kecerdasan Spritual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 26 May 2025 00:46
Last Modified: 26 May 2025 00:46
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12121

Actions (login required)

View Item
View Item