Martin, Lidiya (2015) Peningkatan Kemampuan Menyimak Melalui Kegiatan Mendongeng Menggunakan Boneka Bermagnet di TK Plus Ma’arif Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_LIDIYA_MARTIN_58895_313_2015.pdf [thumbnail of B1_4_LIDIYA_MARTIN_58895_313_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_LIDIYA_MARTIN_58895_313_2015.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menyimak anak
usia dini di TK Plus Ma’arif Padang Panjang. Penelitian ini bertujuan
meningkatkan kemampuan menyimak dalam menyebutkan tokoh dongeng,
menjawab pertanyaan secara sederhana, dan menceritakan kembali dongeng
secara sederhana.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini
dilakukan di TK Plus Ma’arif Padang Panjang semester II tahun ajaran 2013/2014
dengan subjek penelitian berjumlah 21 orang terdiri dari 14 orang anak laki-laki
dan 7 orang anak perempuan. Teknik pengumpulan data adalah teknik observasi
dan alat pengumpul datanya pedoman observasi. Data pada penelitian ini diolah
dengan menggunakan rumus persentase.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hampir seluruh anak telah dapat
menyebutkan tokoh dongeng, menjawab pertanyaan sederhana dan menceritakan
kembali dongeng secara sederhana. Jadi dapat disimpulkan yaitu kegiatan
mendongeng menggunakan boneka bermagnet dapat meningkatkan kemampuan
menyimak anak. Adapun saran pada penelitian ini agar guru-guru anak usia dini
khususnya dan orang tua menggunakan media sebagai upaya untuk meningkatkan
kemampuan menyimak anak. Guru dapat menyampaikan pembelajaran melalui
media dan metode yang menarik agar hasil yang dicapai maksimal
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 24 May 2025 06:24 |
Last Modified: | 24 May 2025 06:24 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12114 |