Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Metode Story Reading pada Taman Kanak-Kanak Pertiwi Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam.

Arnesia, Lia (2012) Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Metode Story Reading pada Taman Kanak-Kanak Pertiwi Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_LIA ARNESIA_08329.pdf] Text
B1_4_LIA ARNESIA_08329.pdf

Download (103kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari permasalahan perkembangan
kemampuan anak dalam berbahasa masih rendah di TK Pertiwi Kecamatan
Ampek Angkek. Secara umum penelitian bertujuan untuk melihat peningkatan
kemampuan berbahasa anak usia dini dalam hal menyimak, berbicara, membaca,
dan menulis dengan menggunakan metode Story Reading.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan
dalam dua siklus, yang mana siklus pertama tiga kali pertemuan dan siklus kedua
juga tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah Anak Taman Kanak-kanak
Pertiwi kecamatan Ampek Angkek dalam kelompok B1 pada tahun pelajaran
2011-2012 yang berjumlah 20 orang. Pengumpulan data menggunakan format
observasi dan dokumentasi serta teknik analisis data yang digunakan adalah
persentase dengan tabel distribusi frekwensi.
Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa penggunaan dengan metode
story reading ternyata dapat mengembangkan kemampuan bahasa anak. Dengan
demikian pertanyaan penelitian dapat terjawab dapat berkembang kemampuan
bahasa anak dalam menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Berdasarkan
temuan di atas maka saran dari penelitian ini agar pendidik anak usia dini baik
guru di sekolah maupun orang tua di rumah untuk dapat memberikan waktunya
kepada anak untuk menyediakan dan membacakan buku cerita pada anak untuk
mengembangkan kemampuan bahasa anak.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 24 May 2025 05:50
Last Modified: 24 May 2025 05:50
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12102

Actions (login required)

View Item
View Item