Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X di SMAN 1 Baso

Wahyuni, Delvi (2015) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X di SMAN 1 Baso. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_DELVI_WAHYUNI_13387_4092_2015.pdf] Text
B1_4_DELVI_WAHYUNI_13387_4092_2015.pdf

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan observasi awal diketahui bahwa hasil belajar siswa masih rendah, hal ini disebabkan karena siswa hanya mendengarkan dan mencatat materi yang diajarkan. Hal ini menyebabkan siswa tidak aktif dan tidak termotivasi dalam mengikuti pelajaran. Siswa lebih suka mendengarkan penjelasan dari guru dan menjadikan guru sebagai satu-satunya sumber belajar dari pada harus mencari sumber belajar lain untuk memperdalam pengetahuannya tentang materi yang sedang dipelajari.Model pembelajaran kooperatif tipeGroup Investigation (GI) yang diterapkan kepada siswa merupakan salah satu upaya untuk menciptakan kreativitas, keaktifan dan motivasi siswa dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaanmodel pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi kelas X di SMA Negeri 1 Baso.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan penelitian berupa pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa pada kelas X di SMA Negeri 1 Baso yang terdaftar pada tahun ajaran 2014/2015. Sampel dalam penelitian ini menggunakan random kelompok dari 8 kelas X yang ada dipilih dua kelas yaitu X5 yang terdiri atas 20 orang siswa sebagai kelas eksperimen dan X6 yang terdiri atas 20 orang siswa sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji hipotesis melalui uji t pada taraf nyata 0,05.
Hasil penelitian uji t dilakukan untuk tujuh komponen konsep dasar materi pengendalian sosial yaitu pengertian pengendalian sosial dengan thitung 2,147, tujuan pengendalian sosial didapat thitung 2,147, ciri-ciri pengendalian sosial didapat thitung 2,147, fungsi pengendalian sosial didapat thitung 2,494, sifat pengendalian sosial didapat thitung 2,048, cara-cara pengendalian sosial didapat thitung 2,796 dan lembaga pengendalian sosial didapat thitung 2,399. Dengan demikian pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran koopertif tipe Group Investigasi (GI) sangat cocok digunakan pada materi pengendalian sosial. Hasil penelitian secara keseluruhan menunjukkan bahwa rata-rata skor tes akhir (post test) secara umum pada kelas eksperimen adalah 85,31 sedangkan kelas kontrol 71,25 kemudian diperoleh uji t yaitu 4,76 sedangkan ttabel = 2,02439 berarti thitung > ttabel = 4,76> 2,02439. Oleh karena itu hipotesis diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa “Terdapat Pengaruh Penerapan Pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X di SMA N 1 Baso”. Dengan demikian pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi terutama pada aspek pemahaman konsep.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 24 May 2025 02:17
Last Modified: 24 May 2025 02:17
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12094

Actions (login required)

View Item
View Item