Gusmarni, Lola (2022) Implementasi Penilaian Autentik Aspek Kognitif Pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Harau. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_LOLA_GUSMARNI_18045029_2100_2023.pdf [thumbnail of B1_01_LOLA_GUSMARNI_18045029_2100_2023.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_LOLA_GUSMARNI_18045029_2100_2023.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi penilaian autentik
aspek kognitif pada mata pelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Harau. Penelitian
ini menggunakan metode Deskriptif Kuantitatif dengan jumlah sampel 1 orang
guru Geografi dan 35 orang siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Harau. Teknik
pengumpulan data menggunakan wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik
analisis data kuantitatif yakni analisis statistik-deskriptif. Hasil penelitian ini pada
tingkat kognitif diperoleh sebesar 80% dengan kategori Baik dilihat pada
implementasi tingkat pengetahuan, pemehaman, penerapan, analisis, evaluasi dan
kreasi. Kemudian Impelemtasi penilaian autentik aspek kognitif diperoleh sebesar
46% dengan kategori Baik terdiri dari aspek tes tertulis, tes lisan dan penugasan.
Kendala yang ditemukan adalah banyaknya aspek yang harus dinilai, kompetensi
siswa dan alokasi waktu yang kurang memadai, jumlah siswa dan individu guru
serta upaya untuk mengatasi kendala yaitu dengan memberikan pengertian dan
nasehat akan pentingnya penilaian autentik bagi diri siswa, sedangkan untuk
kendala yang berkaitan dengan kompetensi dan motivasi guru dapat ditingkatkan
dengan berdiskusi dengan guru lain, membaca referensi tambahan, browsing di
internet dan mengikuti pengembangan dan pelatihan KKG untuk meningkatkan
kecermatan dalam penilaian autentik.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Penilaian Autentik Aspek Kognitif, Geografi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi-S1 |
Depositing User: | Aditya Shawfani S.Pd |
Date Deposited: | 10 Feb 2025 04:36 |
Last Modified: | 10 Feb 2025 09:27 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/1209 |