Marlinda, Lenni (2014) Peningkatan Kemampuan Menyimak Anak Melalui Permainan Katak Berbisik di PAUD Tunas Bangsa Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_LENNI_MARLINDA_58929_2398_2014.pdf [thumbnail of B1_4_LENNI_MARLINDA_58929_2398_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_LENNI_MARLINDA_58929_2398_2014.pdf
Download (503kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan menyimak anak usia
dini di PAUD Tunas Bangsa Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya, yang
diduga karena kurang tepatnya metode yang digunakan oleh guru dalam
pengembangan menyimak anak. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh
gambaran tentang kemampuan menyimak anak dalam mendengar, membedakan
suara dan memahami maksud pesan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian
murid yang ada di PAUD Tunas Bangsa Kecamatan Sitiung Kabupaten
Dharmasraya yang berjumlah 10 anak pada tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini
dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus dilakukan tiga kali pertemuan.
Teknik pengumpulan data dengan cara observasi dan alat pengumpul data
pedoman observasi. Teknis analisis data menggunakan rumus persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan
menyimak anak melalui permainan katak berbisik dalam mendengar, membedakan
suara dan memahami maksud pesan. Berdasarkan hasil penelitian
disarankan kepada pendidik PAUD untuk menggunakan permainan katak berbisik
sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan kemampuan menyimak anak
usia dini, bagi pengelola agar menyediakan fasilitas yang cukup bagi
pengembangan kemampuan menyimak anak usia dini, bagi peneliti selanjutnya
untuk memodifikasi permainan katak berbisik untuk pembelajaran menyimak
anak usia dini
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 24 May 2025 02:16 |
Last Modified: | 24 May 2025 02:16 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12086 |