Delfrida, Delfrida (2015) Hubungan Antara Pendekatan Pembelajaran Andragogi dengan Motivasi Belajar Peserta Didik Paket B di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Kota Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_DELFRIDA_11786_2556_2015.pdf [thumbnail of B1_4_DELFRIDA_11786_2556_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_DELFRIDA_11786_2556_2015.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar peserta didik yang dilihat dari kurangnya peserta yang bertanya dan mengemukakan pendapatnya serta mereka kurang bersemangat dalam kegiatan pembelajaran dimana mereka tidak serius dalam menyelesaikan tugasnya, dan kurangnya kerjasama dengan sesamanya dan dapat menyelesaikan tugas yang diberikan pendidik. Hal ini diduga karena kurangnya motivasi belajar dari peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) gambaran pendekatan pembelajaran yang digunakan pendidik, (2) motivasi belajar peserta didik, (3) melihat hubungan antara pendekatan pembelajaran yang digunakan oleh pendidik dengan motivasi belajar warga belajar diprogram paket B.
Jenis Penelitian ini adalah deskriptif korelasional, menggambarkan serta mencari hubungan antar variable, yakni pembelajaran (X) dan motivasi belajar (Y). Penggambilan data dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Jenis data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data primer yakni motivasi belajar dan data sekunder yakni pendekatan pembelajaran. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dengan alat pengumpul data tersebut yaitu kuesioner. Data diolah dengan menggunakan teknik analisis data persentase dan product moment.
Dari hasil penelitian terlihat bahwa (1) Pendekatan pembelajaran yang digunakan oleh pendidik di PKBM kurang tepat dengan tingkat capai peserta didik termaksud kategori kurang. (2) Motivasi belajar peserta didik dalam kegiatan pembelajaran di PKBM kurang baik, dengan tingkat capaian peserta didik termaksud kategori kurang. (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara pendekatan pembelajaran yang digunakan oleh pendidik dengan motivasi belajar peserta didik. Saran penelitian ini adalah agar pendidik dapat mengunakan strategi pembelajaran yang sesuai dengan peserta didik.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1 |
Depositing User: | Dina Aulia Sari S.IP |
Date Deposited: | 24 May 2025 02:14 |
Last Modified: | 24 May 2025 02:15 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12078 |