Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe The Power Of Two terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 13 Padang

Cahyani, Fadlillah Perdana (2016) Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe The Power Of Two terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 13 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_FADLILLAH_PERDANA_CAHYANI_1101220_1463_2016.pdf] Text
B1_01_FADLILLAH_PERDANA_CAHYANI_1101220_1463_2016.pdf

Download (7MB)

Abstract

Pemahaman konsep merupakan hal yang penting dalam pembelajaran matematika. Kemampuan pemahaman konsep tersebut dapat dikembangkan melalui proses pembelajaran. Namun, pembelajaran matematika yang terjadi dikelas VIII SMP Negeri 13 Padang, terlihat bahwa siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran dan siswa masih belum bisa mengkontruksikan konsep dari materi yang dipelajari, serta siswa masih kesulitan dalam memahami dan menyelesaikan persoalan yang diberikan terkait materi yang diajarkan. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa adalah menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe The Power Of Two. Strategi ini memfasilitasi siswa untuk membantu secara optimal dalam memahami konsep, sehingga siswa dapat memahami konsep dengan baik.
Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian static group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Padang Tahun Pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari enam kelas. Sampel penelitiannya adalah siswa kelas VIII. 7 sebagai kelas eksperimen dan VIII. 5 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes akhir pemahaman konsep siswa, dengan reliabilitas tes sebesar 0,804.
Hasil penelitian berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji-t, terlihat bahwa pada taraf nyata > = 0,05 diperoleh P-value = 0,015. Karena P-value < =, maka Ho ditolak atau H1 diterima. Artinya, kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang belajar dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe The Power Of Two lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang belajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 13 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN AKTIF-THE POWER OF TWO
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1
Depositing User: Arlianis Arlianis S.IP
Date Deposited: 10 Feb 2025 04:31
Last Modified: 10 Feb 2025 04:32
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/1205

Actions (login required)

View Item
View Item