Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Melalui Permainan Kotak Pintar Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Padang Panjang

Lasmi, Lasmi, (2014) Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Melalui Permainan Kotak Pintar Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_LASMI_58902_3711_2014.pdf] Text
B1_4_LASMI_58902_3711_2014.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca anak di kelas B 8 di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Padang Panjang. Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan peningkatan kemampuan membaca anak dalam menyebutkan kata dengan gambar melalui permainan kotak pintar, menggambarkan peningkatan kemampuan membaca anak dalam mencari kata sesuai gambar melalui permainan kotak pintar, menggambarkan peningkatan kemampuan membaca dalam meniru kembali kata yang ada melalui permainan kotak pintar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilakukan di TK Aisyiyah Padang Panjang semester II tahun 2013/2014 dengan subjek penelitian anak TK Aisyiyah yang berjumlah 17 orang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 7 orang perempuan. Teknik pengumpulan data adalah tekhnik observasi dan tekhnik analisis data dengan menggunakan rumus persentase, penelitian dilakukan 2 siklus dan masing-masing siklus dilakukan 3 kali pertemuan.
Berdasarkan analisis data dapat dijelaskan bahwa pelaksanaan kegiatan permainan kotak pintar dapat meningkatkan kemampuan membaca anak dalam berbagai aspek: 1) menyebutkan kata dengan gambar, 2) mencari kata sesuai gambar, 3) meniru kembali kata yang ada. Saran yang dapat peneliti sampaikan hendaknya pendidik mampu memahami tahap kemampuan membaca anak melalui permainan kotak pintar agar mencapai suatu tujuan yang diharapkan

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 23 May 2025 08:21
Last Modified: 23 May 2025 08:21
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12045

Actions (login required)

View Item
View Item