Pengaruh Pola Pendidikan Pada Keluarga Prasejahtera Terhadap Perkembangan Sosial Anak di Jorong Panta Kecamatan Matur Kabupaten Agam

Bakhrizal, Defri (2012) Pengaruh Pola Pendidikan Pada Keluarga Prasejahtera Terhadap Perkembangan Sosial Anak di Jorong Panta Kecamatan Matur Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_DEFRI BAKHRIZAL_83161_3977_2012.pdf] Text
B1_4_DEFRI BAKHRIZAL_83161_3977_2012.pdf

Download (224kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sangat berperannya pola pendidikan
terhadap perkembangan sosial anak. Disamping itu perlu pula menciptakan
suasana yang menyenangkan dari keluarga, sehingga orangtua merasa puas dalam
menjalankan tugasnya, walaupun perkembangan sosial anak ini disebabkan
dengan kurangnya pola pendidikan orangtua. Rumusan masalah dalam penelitian
ini adalah bagaimanakah pengaruh pola pendidikan pada keluarga prasejahtera
terhadap perkembangan sosial anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
apakah terdapat pengaruh pola pendidikan anak pada keluarga prasejahtera
terhadap perkembangan sosial anak di Jorong Panta Kecamatan Matur Kabupaten
Agam.
Penelitian ini berbentuk korelasional yaitu mengetahui seberapa besar
hubungan variabel pola pendidikan dengan perkembangan sosial anak di Jorong
Panta Kecamatan Matur Kabupaten Agam. Populasi dalam penelitian ini adalah
orangtua di Jorong Panta Kecamatan Matur Kabupaten Agam yang berjumlah
sebanyak 100 orang, dan sampelnya 30 orang dengan mengunakan teknik random
sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket model skala
likert. Teknik analisis data yang digunakan yaitu mengunakan rumus persentase
dan regresi sederhana.
Berdasarkan hasil penelitian terdapat pengaruh yang berarti antara pola
pendidikan dan perkembangan sosial anak di Jorong Panta Kecamatan Matur
Kabupaten Agam. Dapat dilihat dari hasil pegujian hipotesis antara pola
pendidikan pada keluarga prasejahtera (X) dengan perkembangan sosial anak (Y)
terdapat hubungan koefisien korelasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan
bahwa pola pendidikan yang diterapkan orangtua akan mempengaruhi karakter
yang dimilki anak. Sehingga perbedaan penerapan pola pendidikan orangtua akan
berbeda pula karakter yang dimilki oleh anak tersebut. Yang menjadi saran dalam
penelitian ini hendaknya orang tua mempelajari mengenai pola pendidikan

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 23 May 2025 08:21
Last Modified: 23 May 2025 08:21
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12042

Actions (login required)

View Item
View Item