Model Konseptual Perangkat Pembelajaran Berorientasi Dimensi Pengetahuan dan Proses Kognitif Materi Keseimbangan dan Dinamika Rotasi untuk Pembelajaran Fisika SMA

Andoko, Kurnia (2021) Model Konseptual Perangkat Pembelajaran Berorientasi Dimensi Pengetahuan dan Proses Kognitif Materi Keseimbangan dan Dinamika Rotasi untuk Pembelajaran Fisika SMA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_KURNIA_ANDOKO_17033022_3833_2021.pdf] Text
B1_05_KURNIA_ANDOKO_17033022_3833_2021.pdf

Download (989kB)

Abstract

Perkembangan IPTEK pada revolusi 4.0 telah mengubah tuntutan dunia pendidikan. Sistem pendidikan nasional mengharapkan siswa dapat mengembangkan potensi berpikir dan bernalar agar dapat mengikuti perkembangan zaman. Kurikulum 2013 dijadikan solusi untuk menjawab tuntutan dunia pendidikan agar pembelajaran mengkombinasikan dimensi pengetahuan dan proses kognitif sesuai taksonomi Bloom revisi. Namun, kondisi nyata yang ditemukan menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran materi keseimbangan dan dinamika rotasi yang digunakan di sekolah belum memenuhi cakupan dimensi pengetahuan dan proses kognitif seperti yang diharapkan. Salah satu solusi dari masalah ini adalah dengan mengembangkan perangkat pembelajaran berorientasi dimensi pengetahuan dan proses kognitif materi keseimbangan dan dinamika rotasi untuk pembelajaran fisika. Tujuan penelitian adalah mengembangkan dan mengetahui validitas dari model konseptual dimensi pengetahuan dan proses kognitif pada perangkat pembelajaran materi keseimbangan dan dinamika rotasi untuk pembelajaran fisika SMA. Jenis penelitian adalah Research And Development (RnD) dengan mengambil model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) yang direduksi sampai tahap development. Subjek penelitian yaitu 3 orang dosen fisika UNP dan 3 orang guru fisika dari SMAN 2, 4, dan 12 Kerinci dengan objek penelitian yaitu perangkat pembelajaran yang terdiri dari RPP, bahan ajar, dan instrumen evaluasi berorientasi dimensi pengetahuan dan proses kognitif materi keseimbangan dan dinamika rotasi. Hasil analisis data setelah dilakukannya penyempurnaan produk diperoleh nilai validasi pada RPP, bahan ajar, dan instrumen evaluasi menurut tim ahli dengan rata-rata 84,67% dan menurut tim praktisi dengan rata-rata 94,58%. Secara keseluruhan diperoleh skor 89,63% pada kategori sangat valid dan dapat dilanjutkan uji lapangan untuk menentukan praktikalitas dan efektifitasnya dalam pembelajaran fisika di SMA.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran, Dimensi Pengetahuan, Proses Kognitif, Keseimbangan dan Dinamika Rotasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: KEISHA KEISHA
Date Deposited: 23 May 2025 08:20
Last Modified: 23 May 2025 08:20
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12036

Actions (login required)

View Item
View Item