Muhammad Navri, Zulirfan (2023) Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Di SMA Negeri 2 Sungai Apit. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_MD_NAVRI_ZULIRFAN_19045024_2747_2023.pdf [thumbnail of B1_01_MD_NAVRI_ZULIRFAN_19045024_2747_2023.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_MD_NAVRI_ZULIRFAN_19045024_2747_2023.pdf
Download (5MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pembelajaran
berdiferensiasi dalam pelajaran geografi dapat mempengaruhi kemampuan
berpikir spasial siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan
jenis penelitian yang memiliki desain eksperimen, Quasi experiment by giving
posttest only control group design by using two groups dimana sampel
penelitiannya adalah kelas XII IPS sebagai group eksperimen dan XII MIA adalah
kelas kontrol. Tes kemampuan berpikir spasial diberikan setelah perlakuan kedua
kelas. Tes diberikan dengan soal essay menggunakan indikator kemampuan
berpikir spasial. Teknik analisis data menggunakan SPSS 16.0 for Windows
dengan uji-t (Independent Sample T-test). Hasil penelitian menunjukkan, nilai
rata-rata hasil tes essay siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas
kontrol. Rata-rata kelas eksperimen adalah 78,09 dan kelas kontrol adalah 69,16,
sehingga selisih kelas adalah 8,93%. Berdasarkan hasil analisis data Uji-T,
penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan memetakan kemampuan,
minat/bakat, dan gaya/kebutuhan belajar siswa pada pembelajaran geografi
ternyata berpengaruh terhadap kemampuan berpikir spasial Siswa Kelas XII SMA
Negeri 2 Sungai Apit.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berpikir Spasial, Desain Eksperimen, Pembelejaran Berdiferensiasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi-S1 |
Depositing User: | Aditya Shawfani S.Pd |
Date Deposited: | 10 Feb 2025 04:24 |
Last Modified: | 10 Feb 2025 04:24 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/1203 |