Fitri, Delviana (2021) Adaptasi Mahasiswa Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang (UNP) Mengikuti Kuliah Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_04_DELVIANA_FITRI_17058006_2825_2021.pdf [thumbnail of B1_04_DELVIANA_FITRI_17058006_2825_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_04_DELVIANA_FITRI_17058006_2825_2021.pdf
Download (11MB)
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini dunia pendidikan dihadapkan dengan model pembelajaran yang baru (dari offline ke online) karena pandemi covid-19, sehingga banyak hal baru (culture shock) yang harus dialami mahasiswa. Hal baru tersebut membutuhkan yang namanya adaptasi. Mahasiswa yang biasanya kuliah secara offline (tatap muka) harus digantikan dengan perkuliahan secara online menggunakan smartphone maupun laptop. Mahasiswa sosiologi FIS UNP harus beradaptasi agar tetap mendapatkan hasil belajar yang maksimal. Adaptasi adalah suatu proses penyesuaian diri terhadap lingkungan sekitar, dimana seseorang harus merubah dirinya baik sedikit atau bayaknya agar sesuai dengan lingkungannya dan dapat diterima. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui berbagai adaptasi yang dilakukan mahasiswa Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Padang (UNP) mengikuti kuliah daring pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini dianalisis menggunakan teori habitus, arena, modal oleh Pierre Bourdieu. Teori ini menjelaskan bahwa habitus bukanlah kodrat alamiah melainkan kosepsi mental yang ada dalam diri individu dan di bentuk dari lingkungan. Habitus berkaitan erat dengan arena. Arena adalah wilayah, ranah, ruang, atau tempat orang untuk melakukan persaingan untuk mendapatkan berbagai sumber daya ataupun kekuatan. Bagaimana seseorang memiliki kekuasaan terhadap orang lain, dan yang dipertarungkan adalah modal. Hubungan teori tersebut dengan penelitian adalah agar dapat beradaptasi dengan model pembelajaran baru), maka dibutuhkannya habitus (kebiasaan baru). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus. Teknik pemilihan informan penelitian menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah informan 24 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi partisipasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik analisis interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian dilapangan bahwa ada beberapa adaptasi yang dilakukan mahasiswa sosiologi FIS UNP. Adaptasi sebelum memulai perkuliahan daring:1) Me-management diri. 2) Adanya respon terhadap kuota. 3) Adanya respon terhadap kondisi jaringan. 4) Pendorong dari dalam diri, adanya partisipasi aktif dalam mencari informasi. Adaptasi belajar saat kuliah daring: 1) Menyesuaian waktu dan lokasi. 2) Memanfaatkan sumber daya teknologi. 3) Adaptasi diskusi tatap maya. 4) Mencatat point penting (respon cepat). 5) Bertanggungjawab (Menghindari mengerjakan tugas saat deadline). 6) Bersifat terbuka (membuka diri terhadap lingkungan sekitar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Adaptasi, Mahasiswa, Kuliah Daring, Pandemi Covid-19 |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education R Medicine > RA Public aspects of medicine |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1 |
Depositing User: | RAJANA RAJANA |
Date Deposited: | 23 May 2025 08:01 |
Last Modified: | 23 May 2025 08:01 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12028 |