Strategi Perusahaan NPM dalam Mempertahankan Usaha Keluarganya di Kota Padang Panjang

Anggraini, Della (2014) Strategi Perusahaan NPM dalam Mempertahankan Usaha Keluarganya di Kota Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_04_DELLA_ ANGGARAINI_ 97220_4809_2014.pdf] Text
B1_04_DELLA_ ANGGARAINI_ 97220_4809_2014.pdf

Download (3MB)

Abstract

Perusahaan NPM merupakan perusahaan keluarga yang bergerak di bidang angkutan yang bersifat formal. Masyarakat pada tahun 90-an umumnya, menggunakan sarana transportasi darat untuk berpergian ke luar kota maupun ke luar daerah. Seiring dengan perkembangan zaman keberadaan angkutan bus antar provinsi semakin terdesak oleh keberadaan angkutan lainnya, sehingga terjadinya penurunan jumlah transportasi darat dan penumpang. Namun PT. NPM adalah salah satu perusahaan bus yang sampai saat ini tetap bertahan. Berdasarkan hal tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah “Untuk mengetahui strategi perusahaan bus NPM dalam mempertahankan usaha keluarga di Kota Padang Panjang.” Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori aksi yang dikemukakan oleh Talcott Parsons. Parsons menjelaskan bahwa, aktor mempunyai alternatif cara, alat serta teknik untuk mencapai tujuannya. Hal ini ditentukan oleh kemampuan aktor memilih. Kemampuan ini disebut Parsons sebagai voluntarism. Voluntarism inilah sebagai kemampuan individu melakukan tindakan dalam arti menetapkan cara atau alat dari sejumlah alternatif yang tersedia dalam rangka mencapai tujuan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus single case studen, pemilihan informan dilakukan secara purposive sampling dengan total informan 28 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara tidak terstruktur. Triangulasi data dilakukan untuk menguji keabsahan data. Analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman (Model Analisa Interaktif) yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan. Berdasarkan penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa, dalam mempertahankan usaha keluarga, PT. NPM melakukan beberapa strategi diantaranya: (1) musyawarah rutin keluarga, (2) Keluarga tidak mau Bekerja dalam Perusahaan NPM, (3) menjalin hubungan baik dengan pelanggan, (4) memperbaiki dan peremajaan bus, (5) pengembangan usaha yaitu membuka trayek baru dan mengembangkan usaha bus pariwisata vircansa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Perusahaan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1
Depositing User: RAJANA RAJANA
Date Deposited: 23 May 2025 08:00
Last Modified: 23 May 2025 08:00
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12022

Actions (login required)

View Item
View Item