Teaching Integrated English Skills of Explanation Text in Small Group Presentation to Senior High School Students

Zuryati, Zuryati (2011) Teaching Integrated English Skills of Explanation Text in Small Group Presentation to Senior High School Students. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_ZURYATI_77108_1677_2011.pdf] Text
B1_ZURYATI_77108_1677_2011.pdf

Download (464kB)

Abstract

Kurikulum 2006 (KTSP) mengharuskan pengajaran teks dalam bahasa Inggris. Teks explanation adalah salah satu teks yang harus dikuasai siswa SMA. Pengajaran keterampilan bahasa (listening, speaking, reading, and writing) terintegrasi dalam pengajaran teks tersebut. Namun, pengajaran keterampilan bahasa (listening, speaking, reading, and writing) terintegrasi pada teks explanation masih sulit dilakukan. Hal ini karena guru belum menerapkan kegiatan yang sesuai, waktu yang terbatas, dan siswa yang kurang percaya diri mempraktikkan kemampuan bahasa Inggris mereka. Oleh karena itu, pada kegiatan mengajar diperlukan banyak persiapan seperti materi yang cocok, dan strategi yang tepat untuk pengajaran keterampilan bahasa yang terintegrasi dalam pengajaran teks khususnya teks explanation. Dalam makalah ini, dibahas pengajaran keterampilan bahasa secara terintegrasi pada pengajaran teks explanation dalam presentasi kelompok kecil. Pada kegiatan mengajar keterampilan bahasa terintegrasi pada teks explanation dalam presentasi kelompok kecil ini siswa dibentuk dalam beberapa kelompok. Guru membagikan teks explanation yang berbeda kepada masing- masing kelompok untuk dibaca, didiskusikan, dan membuat poin- poin penting dari teks tersebut. Kemudian siswa melakukan presentasi singkat di depan kelas. Kelompok yang mempresentasikan materi teks explanation membuat brainstorming di papan tulis untuk memudahkan siswa lainnya memahami penjelasan dari kelompok tersebut. Siswa lainnya mendengarkan presentasi dan didorong untuk memberikan komentar atau pertanyaan. Di akhir kegiatan presentasi guru bersama siswa membuat kesimpulan dan guru memberikan feedback terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat mengembangkan kemampuan keterampilan bahasa siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Tugas Akhir)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1
Depositing User: ANDIN ANDIN
Date Deposited: 23 May 2025 08:00
Last Modified: 23 May 2025 08:00
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12017

Actions (login required)

View Item
View Item