Subha, Lailatul (2013) Perbedaan Hasil Belajar PKn Siswa Antara Metode Mengajar NHT (Numbered Head Together) dengan Metode Ceramah (Studi Eksperimentasi di SMAN 1 Kecamatan Pangkalan). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_LAILATUL_SUBHA_02366_550_2013.pdf [thumbnail of B1_4_LAILATUL_SUBHA_02366_550_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_LAILATUL_SUBHA_02366_550_2013.pdf
Download (2MB)
Abstract
Metode pembelajaran NHT (Numbered Head Together) atau penomoran berpikir bersama memiliki banyak keunggulan, diantranya dapat digunakan untuk semua mata pelajaran dan tingkatan kelas, selain itu metode pembelajaran NHT dapat menjamin setiap siswa mempunyai peluang yang sama untuk melibatkan diri dalam aktivitas pembelajaran, terutama siswa yang memiliki kemampuan rendah. Berdasarkan hal ini dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar PKn siswa antara metode mengajar NHT (dengan metode ceramah di SMAN I Kecamatan Pangkalan.
Jenis penelitian metode Kuantitatif dengan rancangan Quasy eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SMAN I kecamatan Pangkalan, dengan 2 kelas (1 kelas eksperimen dengan NHT dan 1 kelas kontrol dengan menggunakan Ceramah). Data diperoleh dengan menggunakan pre test dan post test pada kedua kelas tersebut. Kemudian dianalisis dengan uji-t.
Berdasarkan eksperimen dan uji-t tersebut diperoleh hasil bahwa mean pada kelas eksperimen (NHT) adalah sebesar 83,80%, dan mean pada kelas kontrol (ceramah) diperoleh mean sebesar 76,00%. Untuk mengetahui signifikansinya dengan uji perbedaan (uji-t) diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara NHT dengan ceramah pada tarafsignikansi 0,05 (5%). Jadi NHT lebih efektif daripada ceramah.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 23 May 2025 07:59 |
Last Modified: | 23 May 2025 07:59 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/12015 |