Sari, Debby Laura (2016) Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar IPA Biologi Siswa SMP kelas VII SMP Negeri 25 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_04_DEBBY_LAURA_SARI_1205575_5720_2016.pdf [thumbnail of B1_04_DEBBY_LAURA_SARI_1205575_5720_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_04_DEBBY_LAURA_SARI_1205575_5720_2016.pdf
Download (5MB)
Abstract
Hasil belajar biologi siswa kelas VII SMP Negeri 25 Padang belum mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan kegiatan pembelajaran kurang menuntut aktivitas siswa dimana pembelajaran masih menggunakan metode ceramah. Oleh karena itu salah satu cara untuk dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran adalah dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar IPA biologi siswa kelas VII SMP Negeri 25 Padang Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Rendomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 25 Padang Tahun Pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 8 kelas. Sampel diambil secara Purposive Samplingdengan memilih nilai rata-rata yang mendekati sama, kelas kontrol dan kelas eksperimen ditentukan dengan pengundian setelah diundi didapatkan kelas VII.1 sebagai kelas kontrol dan Kelas VII 3 sebagai kelas Eksperimen. Instrumen penelitian berupa tes objektif sebanyak 30 butir soal. Data yang didapat kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 82,44 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu 75,43 dan berbeda nyata secara signitifikan pada taraf 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together berpengaruh terhadap hasil belajar IPA Biologi siswa kelas VII SMP Negeri 25 Padang Tahun Pelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Kooperatif, umbered Head Together |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | RAJANA RAJANA |
Date Deposited: | 23 May 2025 07:50 |
Last Modified: | 23 May 2025 07:50 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11967 |