Yurniati, Yurniati (2011) Peningkatan Kreatifitas Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kuis Reviu Hore Pada Mata Pelajaran IPS-Sejarah di SMPN 2 Kecmatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_YURNIATI_B_52811_1225_2011.pdf [thumbnail of B1_YURNIATI_B_52811_1225_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_YURNIATI_B_52811_1225_2011.pdf
Download (318kB)
Abstract
Penulisan makalah ini berawal dari kenyataan di sekolah, bahwa menurut hasil pengamatan mata pelajaran IPS-Sejarah kurang di minati oleh siswa. Hal ni terlihat dari kurang nya perhatian siswa dalam mengikuti pembelajaran, tidak terlihat hal- hal yang mnjadi ciri-ciri sikap siswa yang kreatif dalam pembelajaran, siswa sering minta izin dan banyak yang tidak mempunyai catatan yang lengkap. Ini di buktikan lebih kurang 60% siswa memperoleh nilai standar ketuntasan belajar minimal yang di tetapkan sekolah yaitu 63. Kurangnuya kreatifitas siswa pad mata pelajaran IPS- Sejarah di antaranya di sebabkan karena mata pelajaran tersebut tidak di jadikan standar kelulusan siswa sert kurangnya sarana dan prasarana di sekolah. Untuk mengatasi permasalahan dalam pembelajaran IPS-Sejarah maka penulis, menerapkan model pembelajaran kuis reviu hore pada pelajaran IPS- Sejarah. Tujuan penulis menerapkan pembelajaran kuis reviu hore ini dalam proses pembelajaran adalah untuk meningkatkan kreativitas siswa. Dalam penulisan makalah ini penulis mengambil materi pelajaran tentang Kedatangan Bangsa-Bangsa Eropa ke Indonesia, sebab pada materi ini penulis melihat kurangnya kreatifitas siswa dalam pembelajaran dan materi ini di ajarkan pada semester II (Januari- Juni) tahun ajaran tahun 2009/ 2010. Berdasarkan pemantauan penulis pada waktu sebelum di terapkan model pembelajaran kuis reviu hore, dan setelah menerapkan model pembelajaran tersebut serta pemantauan terhadap kreatifitas siswa terhadap kreatifitas siswa saat pembelajaran, maka di sinipenulis mengambil kesimpulan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kuis reviu hore dapat meningkatkan kreatifitas siswa dalam belajar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Tugas Akhir) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kuis reviu hore pada mata pelajaran IPS- Sejarah |
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1 |
Depositing User: | ANDIN ANDIN |
Date Deposited: | 23 May 2025 07:48 |
Last Modified: | 23 May 2025 07:48 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11960 |