Ikhlas, De Falah (2020) Meta Analisis Pengaruh CTL (Contextual Teaching And Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fisika Dan IPA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_DE_FALAH_IKHLAS_16033082_3326_2020.pdf [thumbnail of B1_05_DE_FALAH_IKHLAS_16033082_3326_2020.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
B1_05_DE_FALAH_IKHLAS_16033082_3326_2020.pdf
Download (382kB)
Abstract
Saat  ini  pembelajaran di  sekolah dituntut  untuk mampu menyesuaikan dengan keadaan zaman dimana dalam kurikulum 2013 guru diharapkan mampu menggunakan media berbasis ICT dan sumber belajar yang beragam dan sesuai untuk  pembelajaran  fisika.  Media   yang  digunakan  haruslah  sesuai  dengan konteks sehari-hari.  Media yang dapat  dipilih oleh guru antara lain lingkungan,power  point,  video,  simulasi  interaktif,  benda  yang  sebenarnya,  model,   dan lainnya.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ukuran efek (effect size ) penggunaan media yaitu alat peraga, LKS, modul, bahan ajar, E-modul, dan
video berbasis contextual teaching and learning berdasarkan empat kategori.Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian meta-analisis  dari  beberapa  jurnal  yang  diterbitkan  dalam 5  tahun  terakhir.Dimana sampel  penelitian yang digunakan terdiri dari  12 jurnal  nasional  dan 3 jurnal internasional. Jurnal yang dipilih merupakan jurnal dengan data yang bisa
diolah untuk menghitung besarnya effect size pada penggunaan  media CTL yang kemudian dikelompokkan menjadi 4 indikator yaitu indikator jenjang pendidikan,media pembelajaran, kemampuan siswa, dan hasil belajar siswa.Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa (1) pada  indikator jenjang
pendidikan,  penggunaan  media  berbasis  CTL memiliki  efek  paling  tinggi  di jenjang SMP sebesar  1,31. (2)  pada indikator media nilai  efek tertinggi yaitu penggunaan e-modul sebesar 3.44 (3) pada indikator kemampuan siswa effect size tertinggi  yaitu  pada  keterampilan  proses  sains  sebesar  1,38(4)  indikator  hasil belajar pada aspek keterampilan memiliki efek paling tinggi sebesar 1,20. hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media berbasis CTL memiliki  efek yang baik terhadap hasil belajar siswa dari 4 indikator tersebut.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) | 
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QC Physics | 
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S1 | 
| Depositing User: | Sri Yulianti S.IP | 
| Date Deposited: | 23 May 2025 07:47 | 
| Last Modified: | 23 May 2025 07:47 | 
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11946 | 
 
         