Ikhlas, De Falah (2020) Meta Analisis Pengaruh CTL (Contextual Teaching And Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fisika Dan IPA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_05_DE_FALAH_IKHLAS_16033082_3326_2020.pdf [thumbnail of B1_05_DE_FALAH_IKHLAS_16033082_3326_2020.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_05_DE_FALAH_IKHLAS_16033082_3326_2020.pdf
Download (382kB)
Abstract
Saat ini pembelajaran di sekolah dituntut untuk mampu menyesuaikan dengan keadaan zaman dimana dalam kurikulum 2013 guru diharapkan mampu menggunakan media berbasis ICT dan sumber belajar yang beragam dan sesuai untuk pembelajaran fisika. Media yang digunakan haruslah sesuai dengan konteks sehari-hari. Media yang dapat dipilih oleh guru antara lain lingkungan,power point, video, simulasi interaktif, benda yang sebenarnya, model, dan lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ukuran efek (effect size ) penggunaan media yaitu alat peraga, LKS, modul, bahan ajar, E-modul, dan
video berbasis contextual teaching and learning berdasarkan empat kategori.Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian meta-analisis dari beberapa jurnal yang diterbitkan dalam 5 tahun terakhir.Dimana sampel penelitian yang digunakan terdiri dari 12 jurnal nasional dan 3 jurnal internasional. Jurnal yang dipilih merupakan jurnal dengan data yang bisa
diolah untuk menghitung besarnya effect size pada penggunaan media CTL yang kemudian dikelompokkan menjadi 4 indikator yaitu indikator jenjang pendidikan,media pembelajaran, kemampuan siswa, dan hasil belajar siswa.Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa (1) pada indikator jenjang
pendidikan, penggunaan media berbasis CTL memiliki efek paling tinggi di jenjang SMP sebesar 1,31. (2) pada indikator media nilai efek tertinggi yaitu penggunaan e-modul sebesar 3.44 (3) pada indikator kemampuan siswa effect size tertinggi yaitu pada keterampilan proses sains sebesar 1,38(4) indikator hasil belajar pada aspek keterampilan memiliki efek paling tinggi sebesar 1,20. hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media berbasis CTL memiliki efek yang baik terhadap hasil belajar siswa dari 4 indikator tersebut.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 23 May 2025 07:47 |
Last Modified: | 23 May 2025 07:47 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11946 |