Nurkhoninah, Nurkhoninah (2012) Hubungan Antara Strategi Pembelajaran dengan Partisipasi Remaja dalam Kegiatan Wirid Remaja Darul Fiqri Surau Papan Palinggam Kelurahan Pasa Gadang Kecamatan Padang Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_4_NURKHONINAH_72318_1014_2012.pdf [thumbnail of B1_4_NURKHONINAH_72318_1014_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_4_NURKHONINAH_72318_1014_2012.pdf
Download (586kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya partisipasi belajar peserta wirid remaja yang dilihat dari sebagian besar peserta yang hadir, bertanya dan mengemukakan pendapatnya, ketertiban peserta dalam proses pembelajaran dan keseriusan belajar peserta dalam kegiatan wirid remaja. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat hubungan antara strategi pembelajaran yang digunakan pendidik dan partisipasi belajar peserta wirid remaja. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional, yang menggambarkan serta mencari hubungan antara dua variabel. Variabel penelitian ini adalah strategi pembelajaran sebagai variabel X dan partisipasi belajar sebagai variabel Y. Teknik pengambilan sampel dengan metode sensus, jumlah populasi 30 peserta wirid remaja dan semua dijadikan responden. Data dikumpulkan dengan teknik angket dan observasi, dengan pengolahan menggunakan teknik analisis data persentase & product moment. Dari hasil penelitian terlihat bahwa: strategi pembelajaran yang digunakan oleh pendidik/ustadz dalam kegiatan wirid remaja di Surau PapanPalinggam kurang terlaksana. Partisipasi belajar peserta wirid remaja dalam kegiatan wirid remaja Darul Fiqri di Surau PapanPalinggam tergolong rendah dapat dilihat dari persentase responden menjawab Jarang menunjukkan angka tertinggi, partisipasi belajar peserta ini dapat dilihat dari kehadiran peserta, keaktifan dalam bertanya dan mengemukakan pendapat, ketertiban dalam kegiatan wirid remaja. Terdapat hubungan yang signifikan antara strategi pembelajaran yang digunakan oleh pendidik/ustadz dengan partisipasi belajar peserta wirid remaja, dimana r 60 hitung lebih besar r tabel . Saran untuk penelitian ini adalah: Kepada pendidik/ustadz agar lebih menerapkan strategi pembelajaran interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi sehingga partisipasi peserta tinggi dalam kegiatan wirid remaja. Kepada peserta wirid remaja perlu adanya kesadaran betapa pentingnya ilmu pengetahuan dibidang keagamaan yang dapat membantu remaja dalam pelaksanaan ibadah, tingkah laku yang benar, serta dapat mengendalikan diri dari perbuatan yang melanggar agama. Diharapkan pada peneliti yang lain agar dapat melihat beberapa faktor lain yang belum diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran, Remaja |
Subjects: | H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 23 May 2025 07:44 |
Last Modified: | 23 May 2025 07:44 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11928 |