Peningkatan Kemampuan Mengenal Geometri Melalui Permainan Papan Ajaib di Kota Padang Panjang

Asrifa, Asrifa (2016) Peningkatan Kemampuan Mengenal Geometri Melalui Permainan Papan Ajaib di Kota Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_ASRIFA_58901_371_2016.pdf] Text
B1_4_ASRIFA_58901_371_2016.pdf

Download (3MB)

Abstract

Latarbelakang penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan geometri anak di RA Al-qur‟an Kota Padang Panjang. Tujuan penelitian ini adalah (1) Menggambarkan peningkatan kemampuan anak dalam mengenal bentuk dasar geometri melalui permainan papan ajaib di RA Al-Qur‟an Thawalib Padang Panjang. (2) Menggambarkan peningkatan kemampuan anak dalam menunjukkan bentuk geometri melalui permainan papan ajaib di RA Al-qur‟an Thawalib Padang panjang. (3) Menggambarkan peningkatan kemampuan anak dalam menciptakan bentuk dari pola geometri melalui permainan papan ajaib di RA Al-qur‟an Thawalib Padang panjang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah peserta didik RA Al-qur‟an Kota Padang Panjang sebanyak 15 orang. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan alat pengumpul data lembaran observasi. Data dianalisis dengan teknik presentase. Prosedur penelitian dimulai dari memperhatikan permasalahan, merencanakan rancangan pemecahan masalah, merencanakan permainan papan ajaib, melaksanakan kegiatan, mengamati, merenungkan dan akhirnya menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permainan papan ajaib dapat meningkatkan kemampuan (1) mengenal bentuk dasar geometri, (2) menunjukkan bentuk geometri, (3) menciptakan suatu bentuk dari pola geometri . Saran dari penelitian ini adalah diharapkan bagi guru agar dapat melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan media permainan papan ajaib sebagai alternatif dalam meningkatkan kemampuan mengenal geometri anak. Bagi orang tua hendaknya mamahami kemampuan geometri, karena kemampuan ini nantinya sangat membantu sebelum anak masuk kependidikan dasar, dan pada peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian pengembangan pada aspek lain dengan memakai metode yang berbeda dalam usaha peningkatan kemampuan mengenal geometri anak.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: geometri, permainan papan ajaib
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 23 May 2025 07:41
Last Modified: 23 May 2025 07:41
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11903

Actions (login required)

View Item
View Item