Using Cooperative Learning In Teaching Writing a Report Text to Junior High School Students.

Syafitri, Dewi (2011) Using Cooperative Learning In Teaching Writing a Report Text to Junior High School Students. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_DEWI_SYAFITRI_72727_1789_2011.pdf] Text
B1_DEWI_SYAFITRI_72727_1789_2011.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan menulis merupakan salah satu bagian yang penting dalammempelajari Bahasa Inggris. Menulis merupakan suatu kegiatan bagi siswa untukmencurahkan pikiran, pendapat, ide-ide maupun gagasannya. Siswa-siswa SMPdiharapkan memiliki kemampuan menulis dalam bentuk teks, salah satunya yaitureport text. Namun disayangkan hal ini sangat sulit untuk dicapai. Ini disebabkankarena mereka sering kesulitan dalam menyampaikan ide-ide mereka dalam bentuktulisan, keterbatasan kosa kata, dan penggunaan grammar yang belum tepat. Untukmembantu siswa dalam hal menulis, makalah ini mencoba untuk membahas salahsatu model pengajaran menulis dalam Bahasa Inggris yaitu penggunaan“Cooperative Learning”.Dalam menggunakan model “Cooperative Learning” ini, guru membagi siswadalam kelompok secara heterogen (bermacam ragam) tingkat kemampuanakademiknya. Maka dalam satu kelompok, terdapat siswa yang berkemampuanakademik tinggi, menengah dan rendah. Biasanya setiap kelompok terdiri dari empatorang. Selanjutnya guru memberi tugas kepada setiap kelompok untuk membuatsebuah esei report text. Dalam model ini, setiap anggota kelompok berbagi tugas danbertanggung jawab atas tugasnya masing-masing. Setiap anggota kelompok memilikiketergantungan satu sama lain dalam menyelesaikan tugas esei report text nya. Tanpasiswa B, esei report text kelompok tidak akan lengkap dan begitu juga tanpa siswa A,C dan D. Jadi, siswa dalam kelompoknya harus saling bekerja sama satu sama laindan saling membantu anggotanya yang lemah.Dengan menerapkan model “Cooperative Learning” dalam pengajaranketerampilan menulis Bahasa Inggris, guru diharapkan dapat membantu kesulitansiswa dan meningkatkan motivasi siswa dalam menulis.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: COOPERATIVE LEARNING, TEACHING WRITING, REPORT TEXT
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 23 May 2025 07:39
Last Modified: 23 May 2025 07:39
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11893

Actions (login required)

View Item
View Item