Natasani, Dewi (2011) Improving Teenage Students’ Speaking Ability by Retelling Animation Movies in English Course Institutions. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_DEWI_NATASANI_77050_1424_2011.pdf [thumbnail of B1_DEWI_NATASANI_77050_1424_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_DEWI_NATASANI_77050_1424_2011.pdf
Download (221kB)
Abstract
Di sebagian besar daerah di Indonesia, bahasa Inggris merupakan bahasaasing yang diajarkan mulai dari Sekolah Dasar. Bahkan, di kota-kota besar bahasaInggris diperkenalkan semenjak Taman Kanak-kanak. Meskipun demikian, masihbanyak siswa Indonesia yang lemah berbicara dalam bahasa Inggris. Berbicaramerupakan salah satu keterampilan yang sangat penting yang harus dikuasai untukberkomunikasi dalam bahasa Inggris terutama di era global seperti saat sekarangini. Dalam berbicara siswa harus mempunyai ide, kosakata yang banyak,mempertimbangkan pemilihan dan struktur kata serta cara pengucapan danintonasi yang benar. Untuk mencapai dan meningkatkan kemampuan siswa dalamberbicara haruslah dengan menggunakan strategi pengajaran yang tepat danmenarik.Retelling animation movies adalah sebuah strategy yang ditujukan untukmeningkatkan kemampuan berbicara siswa. Dalam kegiatan Retelling ini, gurumenampilkan sebagian film animasi dalam bahasa Inggris yang telah dipilihsebelumnya dan meminta siswa memahami serta menceritakan kembali alur ceritayang terdapat pada film animasi dalam bahasa Inggris. Animation movies dipilihsebagai media dari strategi retelling karena sebagian besar film animasimempunyai pengucapan dan intonasi yang jelas, gambar yang menarik, kosa katayang sangat dekat dengan kehidupan siswa sehari-hari, dan sesuai dengan usiasiswa yang masih remaja sehingga jauh dari pornografi.Dengan menerapkan strategi ini siswa dapat termotivasi dalam belajarkarena strategi dan media yang digunakan sangat menarik dan sesuai denganusianya. Selain itu, dengan adanya retelling animation movies, siswa dapatmelatih dan meningkatkan kemampuan berbicaranya dalam bahasa Inggris.Strategi ini juga akan melatih siswa dalam memahami alur cerita. Dalampenerapannya, strategi ini dapat diterapkan di tempat-tempat kursus bahasaInggris pada level intermediate.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SPEAKING ABILITY, ANIMATION MOVIES |
Subjects: | P Language and Literature > PE English P Language and Literature > PR English literature |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 23 May 2025 07:34 |
Last Modified: | 23 May 2025 07:34 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11889 |