Perbedaan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sosiologi Berdasarkan Jenis Pekerjaan Orang Tua di SMAN 2 Pulau Punjung

Rozalina, Novia (2013) Perbedaan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sosiologi Berdasarkan Jenis Pekerjaan Orang Tua di SMAN 2 Pulau Punjung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_NOVIA_ROZALINA_05740_3018_2013.pdf] Text
B1_4_NOVIA_ROZALINA_05740_3018_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Jenis pekerjaan orang tua siswa di SMAN 2 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya memiliki keberagaman antara orang tua siswa yang satu dengan yang lainnya. Dalam melihat jenis pekerjaan orang tua siswa kelas XI IPS SMAN 2 Pulau Punjung, peneliti menggolongkannya menjadi tiga jenis pekerjaan secara umum, diantaranya: pegawai, petani dan wiraswasta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Perbedaan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi Berdasarkan Jenis Pekerjaan Orang Tua di SMAN 2 Pulau Punjung. Manfaat penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh jenis pekerjaan terhadap motivasi siswa dalam belajar, serta memberikan informasi kepada guru dan orang tua untuk lebih memperhatikan motivasi siswa dalam belajar. Jenis penelitian ini tergolong penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas XI IPS SMAN 2 Pulau Punjung. Sampel penelitian diambil dengan teknik random sampling. Jumlah sampel sebanyak 45 orang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan menggunakan angket, dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dengan rumus Lilliefors, uji hipotesis dengan rumus Annova Tunggal. Secara keseluruhan hasil uji hipotesis dengan rumus Annova Tunggal diperoleh nilai F hitung 0,036 sedangkan nilai F tabel 3,21, hal ini berarti tidak terdapat perbedaan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi berdasarkan jenis pekerjaan orang tua di SMAN 2 Pulau Punjung. Dari lima indikator motivasi belajar diantaranya ketekunan dalam belajar, ulet dalam belajar, perhatian dalam belajar, mandiri mengerjakan tugas dan memiliki rasa tanggung jawab, kelima dari indikator ini memiliki Fo ≤ F tab 3,21. Hal ini dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi berdasarkan jenis pekerjaan orang tua di SMAN 2 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya, artinya H0 diterima dan H1 ditolak. Jenis pekerjaan bukan merupakan salah satu faktor penghambat atau sekaligus pendorong motivasi siswa dalam belajar, hal ini disebabkan karena jenis pekerjaan orang tua siswa kelas XI IPS SMAN 2 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya yang tidak terspesialisasi secara jelas. Mereka memiliki atau menekuni pekerjaan lain di samping dari pekerjaan tetapnya. Mereka memiliki jenis pekerjaan lebih dari satu sehingga mereka tidak terpisah secara nyata, bahkan pekerjaan ganda yang mereka miliki saling tumpang tindih antara yang satu dengan yang lainnya.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Jenis Pekerjaan Orang Tua
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 23 May 2025 07:34
Last Modified: 23 May 2025 07:34
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11888

Actions (login required)

View Item
View Item