Pembuatan Lembar Kerja Siswa Bermuatan Kecerdasan komprehensif untuk Materi Pengukuran, Penjumlahan Vektor dan Gerak Lurus pada Kelas X SMA

Sari, Cory Permata (2016) Pembuatan Lembar Kerja Siswa Bermuatan Kecerdasan komprehensif untuk Materi Pengukuran, Penjumlahan Vektor dan Gerak Lurus pada Kelas X SMA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_CORY_PERMATA_SARI_1106321_2297_2016.pdf] Text
B1_05_CORY_PERMATA_SARI_1106321_2297_2016.pdf

Download (289kB)

Abstract

Era globalisasi menuntut SDM yang berkualitas dan berkarakter. Kurikulum 2013 diharapkan mampu menghasilkan SDM Indonesia yang produktif, berilmu pengetahuan, beriman, dan berkarakter. Guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran sebaiknya mampu mempersiapkan bahan ajar yang dapat
menunjang kompetensi yang hendak dicapai sesuai kurikulum 2013.Kenyataannya bahan ajar yang ada umumnya baru menekankan aspek pengetahuan saja, sedangkan kurikulum 2013 meliputi tiga aspek yaitu: pengetahuan, sikap dan keterampilan. Tujuan penelitian ini adalah untuk
menentukan validitas, deskripsi, kepraktisan, dan keefektifan penggunaan lembar kerja siswa bermuatan kecerdasan komprehensif pada kelas X SMA.
Penelitian yang dilakukan merupakan jenis Research and Development (R&D). Desain penelitian yang digunakan untuk uji coba terbatas adalah sebelum dan sesudah diberikannya perlakuan. Objek penelitian yaitu lembar kerja
siswa bermuatan kecerdasan komprehensif. Instrumen pengumpul data yang digunakan adalah lembar validasi tenaga ahli, lembar uji kepraktisan, lembar uji efektivitas berupa lembar tes hasil belajar, lembar observasi nilai sikap spiritual,
lembar observasi nilai sikap sosial, dan lembar penilaian keterampilan siswa.Teknik analisis produk dan data yang digunakan adalah analisis validitas produk,analisis kepraktisan produk, dan analisis keefektifan produk.
Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat dikemukakan empat hasil penelitian. Pertama, LKS memiliki validitas tinggi dengan nilai rata-rata 88,52. Kedua, desain LKS memiliki stuktur yang terdiri dari judul/identitas,
petunjuk belajar, KI/KD, materi pembelajaran, informasi pendukung, langkah kerja dan penilaian. Ketiga, nilai kepraktisan LKS bermuatan kecerdasan komprehensif dengan mengintegrasikan nilai karakter menurut guru dan siswa
masing-masing adalah 90,52 dan 87,53. Keempat, LKS bermuatan kecerdasan komprehensif efektif digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan pengetahuan, nilai karakter, dan keterampilan siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 23 May 2025 07:32
Last Modified: 23 May 2025 07:32
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11881

Actions (login required)

View Item
View Item