Putri, Desni Triana Eka (2011) Using Snowball Throwing to Help Junior High School Students to Comprehend a Narrative Text. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_DESNI_TRIANA_EKA_P_77084_1676_2011.pdf [thumbnail of B1_DESNI_TRIANA_EKA_P_77084_1676_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_DESNI_TRIANA_EKA_P_77084_1676_2011.pdf
Download (434kB)
Abstract
Membaca merupakan salah satu bagian terpenting dalam pengajaranBahasa Inggris. Tujuan dari pengajaran keterampilan membaca ini adalah untukmembantu siswa mendapatkan berbagai macam informasi dan pengetahuan.Kurikulum yang saat ini digunakan di Indonesia mengharuskan siswa SMP kelasII memiliki kemampuan memahami narrative text dan beberapa jenis teks lainnya.Dilihat dari language feature dan generic structurenya, narrative text adalah jenisteks yang sederhana. Namun pada kenyataannya siswa SMP kelas II masihmengalami kesulitan dalam memahami teks ini. Salah satu penyebabnya adalahkurangnya vocabulary yang dimiliki siswa dan strategi yang dipakai oleh gurudalam mengajar keterampilan membaca ini.Untuk mengatasi hal tersebut, penulis menggunakan strategi pembelajaranSnowball Throwing. Dalam strategi ini, guru terlebih dahulu menjelaskan materiyang akan dipelajari kemudian guru membagi siswa dalam kelompok. Setelah itu,guru memberikan satu buah narrative text untuk setiap siswa. Setiap siswadiminta untuk menulis sebuah pertanyaan. Kemudian siswa diberikan satu lembarkertas untuk menuliskan pertanyaan apa saja yang berhubungan dengan teks yangtelah dibaca dalam kelompok dan kertas tersebut dibuat seperti bola kemudiandilempar dari satu siswa ke siswa yang lain selama lebih kurang 5 menit. Setelahitu, siswa yang mendapatkan satu bola / satu pertanyaan diberikan kesempatanuntuk menjawab pertanyaan yang tertulis dalam kertas tersebut secara bergantiansehingga siswa-siswa yang kurang memahami isi teks bisa memahami teks yangdibacanya. Kemudian guru membuat kesimpulan tentang materi dan hasil diskusiseluruh kelompok tersebut.Melalui penerapan strategi Snowball Throwing penulis berharap dapatmemotivasi siswa untuk lebih aktif dan bisa memahami teks secara cepat. Penulisjuga berharap guru biasa menggunakan model pembelajaran ini dalam pengajaranmembaca khususnya nMembaca merupakan salah satu bagian terpenting dalam pengajaranBahasa Inggris. Tujuan dari pengajaran keterampilan membaca ini adalah untukmembantu siswa mendapatkan berbagai macam informasi dan pengetahuan.Kurikulum yang saat ini digunakan di Indonesia mengharuskan siswa SMP kelasII memiliki kemampuan memahami narrative text dan beberapa jenis teks lainnya.Dilihat dari language feature dan generic structurenya, narrative text adalah jenisteks yang sederhana. Namun pada kenyataannya siswa SMP kelas II masihmengalami kesulitan dalam memahami teks ini. Salah satu penyebabnya adalahkurangnya vocabulary yang dimiliki siswa dan strategi yang dipakai oleh gurudalam mengajar keterampilan membaca ini.Untuk mengatasi hal tersebut, penulis menggunakan strategi pembelajaranSnowball Throwing. Dalam strategi ini, guru terlebih dahulu menjelaskan materiyang akan dipelajari kemudian guru membagi siswa dalam kelompok. Setelah itu,guru memberikan satu buah narrative text untuk setiap siswa. Setiap siswadiminta untuk menulis sebuah pertanyaan. Kemudian siswa diberikan satu lembarkertas untuk menuliskan pertanyaan apa saja yang berhubungan dengan teks yangtelah dibaca dalam kelompok dan kertas tersebut dibuat seperti bola kemudiandilempar dari satu siswa ke siswa yang lain selama lebih kurang 5 menit. Setelahitu, siswa yang mendapatkan satu bola / satu pertanyaan diberikan kesempatanuntuk menjawab pertanyaan yang tertulis dalam kertas tersebut secara bergantiansehingga siswa-siswa yang kurang memahami isi teks bisa memahami teks yangdibacanya. Kemudian guru membuat kesimpulan tentang materi dan hasil diskusiseluruh kelompok tersebut.Melalui penerapan strategi Snowball Throwing penulis berharap dapatmemotivasi siswa untuk lebih aktif dan bisa memahami teks secara cepat. Penulisjuga berharap guru biasa menggunakan model pembelajaran ini dalam pengajaranmembaca khususnya narrative text berdasarkan prosedur yang telah disediakan.arrative text berdasarkan prosedur yang telah disediakan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SNOWBALL THROWING, NARRATIVE TEXT |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 23 May 2025 02:14 |
Last Modified: | 23 May 2025 02:14 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11867 |