Sesmita, Yeni (2011) Using Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) in Teaching Reading and Writing Skills for Junior High School Students. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_YENI_SESMITA_72716_1794_2011.pdf [thumbnail of B1_YENI_SESMITA_72716_1794_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_YENI_SESMITA_72716_1794_2011.pdf
Download (432kB)
Abstract
Membaca (reading) dan menulis (writing dengan tepat dan benar merupakan bagian dari keahian Bahasa Inggris yang harus dikasai siswa. Akan tetapi, banyak siswa sekarang menilai kedua keahlian tersebut sebagai pelajaran yang membosankan. Hal tersebut dikarenakan rasa malas mereka untuk membaca teks yang ada. Ditambah lagi dengan kurangnya pengetahuan mereka dalam memahami bacaan, sedangkan untuk membuat sebuah karangan dalam Bahasa Inggris, mereka seringkali terkendala dengan keterbatasan ide dan kosakata (vocabulary) yang mereka kuasai. Hal ini ditambah lagi dengan ketidakmampuan siswa tersebut dalam menyusun ide mereka menjadi sebuah tulisan yang enak untuk dibaca. Oleh karena itu, melalui makalah ini penulis menganjurkan untuk menggunakan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) sebagai salah satu upaya bagi guru untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa mereka. Melalui metode ini, siswa belajar membaca dan menulis Bahasa Inggris secara bersamaan di dalam kelompok. Di dalam kelompok tersebut, siswa diharuskan saling membantu dan mendukung satu sama lain sehingga tercipta suatu rasa keterikatan dan ketergantungan diantara mereka. Jadi keberhasilan seorang siswa merupakan keberhasilan bersama dan begitu juga sebaliknya. Dengan demikian diharapkan pada akhirnya kemampuan membaca dan menulis siswa akan membaik dan meningkat seperti yang diharapkan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Tugas Akhir) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1 |
Depositing User: | ANDIN ANDIN |
Date Deposited: | 22 May 2025 08:56 |
Last Modified: | 22 May 2025 08:56 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11857 |