Supervisi Kepala Sekolah dalam Penyusunan Perangkat Pembelajaran Guru IPS di SMPN Kecamatan Koto Baru Kabupaten Dharmasraya

Yulia, Fify Andri (2012) Supervisi Kepala Sekolah dalam Penyusunan Perangkat Pembelajaran Guru IPS di SMPN Kecamatan Koto Baru Kabupaten Dharmasraya. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_4_FIFY_ANDRI_YULIA_79572_2012.pdf] Text
B1_4_FIFY_ANDRI_YULIA_79572_2012.pdf

Download (970kB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah Dalam
Penyusunan Perangkat Pembelajaran pada guru IPS di SMPN Kecamatan Koto Baru
Kabupaten Dharmasraya. Permasalahan Dalam penelitian ini muncul akibat kurang
nya kesadaran guru dalam membuat perencanaan pembelajaran.
Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan Teori Pilihan Rasional oleh
James S. Coleman. Coleman menitikberatkan pada tindakan seseorang yang selalu
mengarah pada tujuan dan tujuan itu ditentukan oleh nilai atau pilihan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe studi kasus.
Pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan jumlah
informan 11 orang. Pada penelitian ini peneliti melakukan observasi tentang
pelaksanaan supervisi terhadap penyusunan perangkat pembelajaran guru IPS SMPN
di Kecamatan Koto Baru. Wawancara mendalam dilakukan untuk memperoleh
gagasan dan ide tentang pelaksanaan supervisi dalam perencanaan penyusunan
perangkat pembelajaran IPS di SMPN di Kecamatan Koto Baru dalam proses
pembelajaran. Untuk mendapatkan data yang valid dilakukan triangulasi data.
Analisis data digunakan adalah model analisis interaktif dari Mills dan Huberman,
yaitu pengumpilan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa, pelaksanaan supervisi yang
dilakukan oleh kepala sekolah dapat meningkatkan kemampuan guru dalam membuat
perencanaan pembelajaran atau perangkat pembelajaran mulai dari pembuatan
Program tahunan, Program semester, Silabus dan RPP. Sebelum guru IPS di supervisi
guru hanya melihat atau meniru perangkat pembelajaran kepada guru IPS disekolah
lain dan juga melihat dari internet, jdi dengan adanya supervisi guru telah termotivasi
dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab nya dengan baik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1
Depositing User: Umma Mardhotillah A.Md.
Date Deposited: 22 May 2025 08:54
Last Modified: 22 May 2025 08:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/11851

Actions (login required)

View Item
View Item